Ignatius : Budidaya Rosella Jadi Penghasilan Tambahan

0
4 views

Ignatius dan tanaman Rosellanya

Penasatu.com, Manggarai Timur.NTT-Banyak kesibukan yang bisa kita lakukan diluar pekerjaan rutin sehari hari.

Seperti yang dilakukan Ignatius Iting (48) wargp0

agedoa, Desa Langir, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka. Dirinya berhasil membudi dayakan Rosella atau dengan nama latin Hibiscus sabdariffa. Yaitu salah satu tanaman yang punya banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Dan tanaman ini terkenal sebagai Teh Herbal yang biasa di sebut “Teh Rosella” yang dibuat dari kelopak bunganya yang sudah dijemur kering dan digiling dalam bentuk tepung. Rosella kemudian dikonsumsi sebagai minuman herbal.

Ketika diwawancarai Penasatu.com, Ignatius mengatakan, menurut bebeapa sumber teh Rosella membantu mempercepat proses penyembuhan berbagai macam penyakit termasuk panas dalam, sariawan, BAB tidak lancar maupun terlalu lancar, asam urat, diet (menurunkan berat badan), lambung, menurunkan tekanan darah, kolestrol, menetralkan alkohol, menyembuhkan stroke ringan, sakit pinggang, meredahkan batuk pilek, dan untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah karena kandungan asam esensialnya tinggi, (Senin, 9/11/20).

“Fungsi utamanya itu kalau kita konsumsi secara rutin, dia punya tugas untuk menjaga kesehatan jantung, ginjal, paru-paru, dan sistem metabolisme tubuh.” ujarnya.

Ignatius membudidayakan Rosella sejak 2012, kemudian berkembang, dan 5 tahun kemudian mulai pemasaran. Sebelumnya dijual keluar daerah tetapi untuk saat ini tidak lagi karena sudah dirasakan manfaatnya dan bisa di produksi sendiri.

“Waktu itu kan kita jualnya keluar karena kita belum tau manfaatnya untuk kita apa. Jadi, kita hanya tanam dan jual ke orang yang membelinya,” terang dia.

Rosella sangat membantu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit selain untuk menunjang ekonomi keluarga.
“Sangat membantu, karena racik Rosella ini kan tidak terlalu menyita waktu kita. Dan ini kami jadikan pekerjaan sambilan, tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here