HUT Koppad Borneo Ke-12, Tanam 1000 Pohon Upaya Pelestarian dan Penyelamatan Hutan Kaltim

0
6 views

Balikpapan, Penasatu.com – Upaya menghijaukan bumi dalam mencegah pemanasan global Pusat Komando Pengawal Pusaka Adat Dayak (Koppad) Borneo melakukan aksi penanaman sebanyak 1000 pohon.

Aksi penanaman pohon sekaligus merayakan HUT Koppad Borneo Ke-12 yang jatuh pada 1 Januari lalu, serta memperingati Hari Hutan Sedunia dan Hari Bumi.

Kegiatan yang berlangsung di Markas Pusat Koppad Borneo Jln MT Haryono, Kelurahan Gn Samarinda Baru, Balikpapan Utara (Balut) dan dihadiri Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi SE, Sabtu (3/2/2021).

“Aksi penanaman pohon sebagai bentuk pelestarian dan penyelamatan hutan. Dimana itu merupakan salah satu dari Tujuh Misi yang dimiliki Koppad Borneo,” ujar Dr Abriantinus M A selaku Panglima Koppad Borneo kepada media ini.

Abriantinus menjelaskan, jika 1000 pohon yang ditanam merupakan pemberian dari Pemerintah Provinsi (Pemrov) Kalimantan Timur (Kaltim) yang diberikan secara bertahap.

Nantinya bibit pohon yang diberikan akan ditanam di Kawasan Perkebunan Dayak Foundation yang berada di Kilometer 23.

“Kami berterima kasih kepada Pemrov Kaltim yang sudah memberikan 1000 bibit pada kami,” ucapnya.

Ia menambahkan, jika nantinya dikawasan Perkebunan Dayak Foundation akan dibangun “Dayak Center” yang merupakan pusat kebudayaan dan peradaban dayak, sekaligus menjadikan objek wisata Alam, Budaya, Agro dan wisata Pendidikan.

Dirinya berharap kepada Pemprov Kaltim, Pemkot Balikpapan dan DPRD khusunya agar segera mengalokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan (pengaspalan) sebagai akses untuk menuju lokasi tersebut.

“Saya harap akses jalan bisa segera dibangun, pasalnya beberapa tahun yang lalu sudah dilakukan pengerasan jalan dengan menggunakan anggaran dari APBD Pemprov Kaltim dan APBD Balikpapan,” terangnya.

“Disamping itu, Koppad Borneo juga akan selalu siap mendukung dan mengawal pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kaltim,” pungkasnya.(*)

Wartawan : Riel Bagas
Editor : Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here