Honor Petugas Pemakaman Korona Cuma 200 Ribu, Simon Sulean Usul Dinaikkan

0
38

Simon Sulean anggota DPRD kota Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Kota Balikpapan masih terus menambah kasus positif korona. Tercatat sebanyak 18 kasus penambahan yang terjadi hari ini, hingga saat ini sebanyak 2.985 kasus positif, 182 kasus menjalani perawatan di rumah sakit, 625 menjalani karantina mandiri, serta 1.994 pasien sembuh dan 184 kematian.

Dari sekian banyak jumlah kasus kematian yang diakibatkan covid-19, terdapat peran penting yang dijalankan petugas pemakaman jenazah terkonfirmasi covid-19.

Petugas pemakaman jenazah ternyata hanya mendapatkan honor sebesar 200 ribu untuk setiap kali pemakaman.

Hal tersebut terungkap saat Panitia Khusus (Pansus) melakukan Rapat Dengar Pendapat bersama Tim Gugus Tugas Covid-19, di ruang Paripurna, Senin (28/9/2020).

Minimnya honor yang diterima petugas pemakaman mendapatkn perhatian khusus dari Simon Sulean selaku Sekretaris Komisi I DPRD Balikpapan yang juga tergabung dalam anggota pansus covid-19.

Menurut dirinya, memakamkan jenazah penderita covid-19 merupakan tugas yang berat, maka dari itu dirinya mengusulkan untuk adanya kenaikan honor bagi petugas pemakaman jenazah covid-19.

Lanjut Simon Sulean, petugas pemakaman yang bertugas saat ini jumlahnya 12 orang, dan semuanya merupakan petugas yang tergabung dalam beberapa instansi di Balikpapan, baik itu BPBD, Satpol-PP, Dishub dan DKK

“Honor 200 ribu itu sangat kecil, makanya saya usulkan dalam rapat pansus tadi untuk dinaikan,” katanya. “Untuk besarannya saya tidak mengajukan berapa, intinya honor petugas pemakaman harus dinaikan, karena itu tugas yang sangat berat.”

Simon Sulean menambahkan, bertugas memakamkan jenazah covid-19 tentu sangat beresiko terjangkit covid-19.

Maka dari itu, dirinya mengusulkan untuk adanya kenaikan honor petugas pemakaman, bahkan ketika dirinya mengusulkan kenaikan honor bagi petugas pemakaman.

Pemkot Balikpapan sangat merespon dengan baik dan kemungkinan akan dilakukan evaluasi dan disesuaikan dengan anggaran yang ada.

“Kalau untuk besaran yang paling pas untuk kenaikan honor petugas kemungkinan diangka 500 ribu, itu perkiraan saya, keputusannya nanti dilihat ke depannya seperti apa,” tegasnya.*

Wartawan : Riel Bagas
Editor : Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here