Hebat, DPRD Tanah Bumbu Perjuangkan Warga Bisa Berobat Gratis

0
34 views

Said Kholil Ismail Alaydrus, anggota DPRD Tanah Bumbu,

PENASATU.COM, TANAH BUMBU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan akhirnya menyepakati alokasi anggaran di tahun 2021.

Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 sebesar 1,4 Triliun yang telah disepakati, dan sebanyak 65 Miliar akan dialokasikan untuk pengobatan gratis bagi warga Tanbu.

“Perjuangan kami di DPRD sangat panjang, namun akhirnya bisa disepakati pengalokasian anggaran pengobatan gratis bagi warga di tahun 2021,” ujar Said Kholil Ismail Alaydrus, salah satu anggota DPRD Tanah Bumbu,

Politisi Gerinda tersebut mengatakan, di tahun depan warga sudah mulai bisa menikmati pelayanan pengobatan gratis. Hanya dengan dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga sudah bisa mendapatkan pengobatan gratis di unit pelayanan kesehatan.

“Perlu diketahui, ini bukan perjuangan saya saja, melainkan perjuangan bersama rekan-rekan di DPRD yang tergabung didalam Badan Anggaran (Banggar), baik PDI Perjuangan, PPP dan Gerindra,” tegas dia.

Said Mail menuturkan, sebelumnya Bupati Tanbu Sudin Noor mengusulkan sebesar 30 miliar agar dialokasikan untuk Kesehatan. Namun besaran tersebut tentu tidak cukup, maka ditingkatkan agar semua warga yang belum terdaftar BPJS Kesehatan bisa berobat secara gratis.

“Kami sudah menghitung, jika pengalokasiaan anggaran untuk kesehatan 30 miliar, itu tidak cukup untuk mengcover seluruh masyarakat yang belum terdaftar di BPJS maupun yang sudah terdaftar,” urainya.

Nantinya untuk biaya pengobatan gratis akan ditanggung oleh APBD sebesar 95 persen, kemudian untuk 5 persennya akan ditanggung oleh APBN dan melalui program Universal Health Coverage (UHC).

Dimana UHC tersebut merupakan program yang memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus mengahadapi kesulitan finansial.

“Anggaran sudah diketok, sekarang masyarakat Tanbu tidak perlu khawatir soal pengobatan gratis di tahun depan,” lanjutnya kepada media ini, Minggu (29/11/2020).

“Inilah kerja kami di Banggar, mudah-mudahan apa yang kami perjuangkan untuk masyarakat Tanbu dapat bermanfaat,” harap Said.*

Wartawan : Riel Bagas
Editor : Penasatu.com/HTBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here