Hari Ini 9 Tahun Tragedi Runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara

0
61

PENASATU.COM, KUTAI KARTANEGARA — Hari ini 26 November 2011-26 November 2020 tepat 9 tahun sudah tragedi runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara yang menjadi ikon tersebut, menjadi salah satu satu tragedi yang begitu membekas bagi masyarakat Kutai Kartanegara yang merenggut sejumlah korban jiwa. Jembatan Kutai Kartanegara ambruk dan roboh.

Dalam peristiwa ini, puluhan kendaraan yang berada di atas jalan jembatan tercebur ke Sungai Mahakam. 24 orang tewas dan puluhan luka-luka akibat peristiwa ini dan dirawat di RSUD Aji Parikesit. Diduga robohnya jembatan ini akibat pengenduran kabel penahan jembatan yang sedang dalam perbaikan, tetapi arus lalu lintas malah tidak dialihkan.

Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Panjang jembatan secara keseluruhan mencapai 710 meter, dengan bentang bebas, atau area yang tergantung tanpa penyangga, mencapai 270 meter

Jembatan ini merupakan sarana penghubung antara kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju ke Kota Samarinda.

Jembatan Kutai Kartanegara merupakan jembatan kedua yang dibangun melintasi Sungai Mahakam setelah Jembatan Mahakam di Samarinda sehingga banyak yang menyebutnya Jembatan Mahakam II.

Jembatan ini dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat. Pembangunan jembatan ini dimulai pada tahun 1995 dan selesai pada 2001 dengan kontraktor PT Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jembatan tersebut.

Saat diresmikan pada awal tahun 2002, jembatan ini dinamai Jembatan Gerbang Dayaku yang diambil dari slogan pembangunan gagasan bupati Kutai Kartanegara saat itu, Syaukani Hasan Rais. Sejak Syaukani tidak menjabat lagi sebagai bupati, jembatan ini diganti namanya menjadi Jembatan Kutai Kartanegara ing Martadipura atau Jembatan Kartanegara.

Sumber: Info Kukar dan Wikipedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here