Gelatik 5016 Korpolairud Baharkam Polri Laksanakan Kegiatan Donor Darah di Labuan Bajo

0
7 views

Reporter : Alfonsius Andi

Penasatu.com –Manggarai Barat.NTT- Dalam Rangka Menyambut HUT Polairud Ke 70, Kapal Polisi Gelatik 5016 Korpolairud Baharkam Polri melaksanakan kegiatan Donor Darah, Senin (16/11/2020) pagi.

Kegiatan yang digelar di Pos Polairud Labuan Bajo, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Unit Transfunsi Darah RSUD Pratama Komodo dan PMI Manggarai Barat berhasil mengumpulkan 26 labu darah.

Tercatat puluhan pendonor yang terdiri dari personil Polres Manggarai Barat, Personil KP. Gelatik 5016, personil Pos Polair Labuan Bajo, personil Koramil 1612-02/Komodo, personil Pos TNI AL Labuan Bajo, Polhut, Syahbandar Kelas II Labuan Bajo dan masyarakat sekitar ikut pada kegiatan yang menomorsatukan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 itu.

Menurut, Dir Polairud Polda NTT Kombes. Pol. Adreas Heri Susi Darto, S.I.K. melalui Kapten KP. Gelatik 5016 AKP Murti, kegiatan donor darah ini sebagai bentuk partisipasi KP. Gelatik 5016 dalam membantu masyarakat yang tengah membutuhkan transfusi darah pada masa Pandemik Covid-19.

“Harapannya, labu darah yang terkumpul melalui kegiatan bakti sosial donor darah ini bisa bermanfaat dan membantu saudara–saudara kita yang membutuhkan. Karena setetes darah yang kita sumbangkan saat ini akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” ujar AKP Murti saat ditemui di sela kegiatan.

Dalam kegiatan tersebut, sebelum dilakukan proses pengambilan darah para pendonor melakukan serangkaian tes terlebih dahulu dilakukan. Mulai dari mengisi formulir, cek golongan darah, hingga tes tekanan darah.

Dijelaskan AKP Murti, selama berjalannya kegiatan bakti sosial donor darah ini tetap mengutamakan Protokol Kesehatan. Baik peserta maupun petugas medis wajib menggunakan Masker. Antrean pun diatur sedemikian rupa untuk menjaga jarak (Physical distancing).

“Kami berharap sumbangan darah melalui kegiatan tersebut bisa membantu ketersediaan cadangan darah untuk transfusi pada saat dibutuhkan,” ucapnya.

AKP Murti menambahkan, donor darah menjadi aksi produktif yang bermanfaat bagi masyarakat. aksi donor darah ini agar Polri dalam hal ini KP. Gelatik 5016 bisa ikut berkontribusi menjaga pasokan kebutuhan dari bagi masyarakat

“Kami ucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kepedulian para pendonor. Mudah–mudahan kegiatan bakti sosial hari ini menjadi berkah bagi semua. Kami akan selalu berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat seperti menjadi andalan masyarakat bila ada yang membutuhkan bantuan termasuk donor darah ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here