Gelar Karya Bakti, Kodim 1612 Manggarai Gandeng Pemuda Reok Tanam Bibit Bakau

0
10 views

Reporter : Yhono Hande

Penasatu.com.Manggarai-NTT. Karya Bakti Satkowil Kodim 1612 Manggarai Tahun 2020 Menggandeng Pemuda dan Masyarakat tanam Bakau dan membersihkan sampah di pesisir pantai Nanga Banda Kecamatan Reok, Kamis (05/11/2020).

Dalam kegiatan ini Kodim berkaloborasi dengan unsur Forkompinda Kecamatan Reok dengan melibatkan,Tokoh Masyarakat, Pemuda, dan Siswa (Pramuka).

Mengambil tema “Melalui Kegiatan Karya Bakti Yang Adaptif Kita Ciptakan Ruang, Alat Kondisi Juang Yang Tangguh” kegiatan ini berpusat pada pesirsir pantai yang hutan bakaunya sudah berkurang.

Mengingat bahwa hutan bakau sangat besar manfaatnya bagi mata pencaharian penduduk pesisir.

Kepala Staf KODIM 1612 Manggarai Mayor Chb. I Wayan Subrata, menuturkan selain menahan Erosi air laut, hutan bakau juga menjadi tempat berkembang biaknya ikan, satwa darat, dan satwa udara.

I Wayan S. “Kenapa kegiatan ini kami pusatkan di Reok, karena kita lihat sendiri bahwa sepanjang pantai di Reok ini sudah banyak terjadi Erosi karena pohonnya sudah kurang. Tujuan dari kegiatan ini manfaatnya sangat banyak, yaitu tadi menghindari Erosi air laut, karena pohon bakau ini tumbuhan yang paling cocok dan kuat”

Reok ini memiliki kontribusi yang besar untuk Manggarai yaitu ikan air lautnya lanjut dia, jika tidak ada bakau maka mempengaruhi pendapatan masyarakat di pesisir, karena bakau ini tempat ikan berkumpul dan juga satwa-satwa lain nya maka bagus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat”

Kegiatan Karya Bakti ini diawali dengan upacara kemudian dilanjutkan sesi tanam bakau lalu membersihkan sampah di bibir pantai Nanga Banda dan ditutup dengan Wasbang (Wawasan kebangsaan).

“Selain tanam bakau dan bersih-bersih sampah di pesisir pantai kami rangkaikan juga dengan Wasbang kepada adek-adek siswa (Pramuka). Karena sebagai ganerasi penerus bangsa harus mampu memberikan kontribusi kepada Negara,” tegasnya.

Minimal mereka bisa disiplin dan cinta Negara nya sendiri dan itu diawali di lingkungannya menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mereka menjadi pelopor ditengah masyarakat, tutupnya.

Kepada penasatu.com. Selaku Elemen pemuda Kecamatan Reok Hanief menyampaikan terima kasih kepada TNI khususnya KODIM 1612 Manggarai atas Karya Bakti dan kerja sosialnya yang telah bersinergi dan melibatkan Pemuda Reo.

“Terima Kasih KODIM 1612 Manggarai dan Koramil Reo atas Kerja Sosial serta melibatkan seluruh rekan muda Kecamatan Reok untuk melindungi ekosistem bakau di Nanga Banda. Ini akan menjadi semangat baru bagi kaum muda reok untuk terus bergerak dan melestatikan bakau yang hampir terancam keberlangsungan ekosistem nya, akibat ulah dari orang yang tidak bertanggung jawab. Tentunya ini selalu menjadi tugas dan kerja kita bersama kedepannya.*

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here