Festival Adat Paser Balik Berakhir Sudah

0
375
Kasi Sejarah dan Tradisi DR Surata M Pd ( baju batik ) saat penutupan Gelaran Festival Adat Paser Balik oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan yang berlangsung sejak 22 Juli di Terminal Kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Penasatu.com, Balikpapan – Festival Adat Paser (FAP) 2019 gelaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan yang berlangsung sejak 22 Juli di Terminal Kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Jumay hari ini (28/6) resmi ditutup.

Kasi Sejarah dan Tradisi DR Surata M Pd menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kadisdikbud Kota Balikpapan Muhaimin MT yang sudah mendukung sepenuhnya kegiatan ini, serta seluruh Stakholder terutama kepada PT Angkasa Pura I yang telah menyediakan tempat demi terselenggaranya kegiatan FAP 2019.

Kegiatan FAP 2019 ini merupakan proyek perubahan dirinya saat mengikuti PIM4 di LAN Samarinda dengan judul “Membangun Peranserta dan Eksistensi Komunitas Suku Paser Balik di Balikpapan” tujuan kegitan tersebut, kalau untuk jangka menengahnya saat ini sudah terlaksana dengan “Membangun Peranserta dan Eksistensi Komunitas Suku Paser Balik di Balikpapan dengan adanya FAP 2019 yang berlangsung selama sepekan, kemudian menjadikan seluruh komunitas suku yang ada di Balikpapan menjadi destinasi kepariwisataan yang baik di Balikpapan dan untuk tujuan jangka panjangnya kedepan akan memasukan seluruh kebudayaan baik itu adat dan istiadat semua suku yang ada di kota ini kedalam kurikulum muatan lokal.

Selama festival berlangsung jumlah pengunjung yang datang “Alhmdulillah sangat ramai, untuk sehari saja bisa sampai 500 pengunjung yang datang menyaksikan,” ujarnya.

Sambutan baik juga diberikan Kasi Cagar Budaya dan Permusiuman Sunaji S Pd M Pd dan juga Tim kerja dalam FAP 2019 yang mendampingi Surata dari awal kegiatan bahwa dirinya mendukung apa yang dikerjakan Surata, agar kegiatannya bisa terlaksana dan sukses dari awal hingga akhir. Hal senada disampaikan Sri Astuti selaku Koordinator Expo yang juga Owner UKM SEMAYANG (Semangat, Berkarya dan Berjuang) dalam kegiatan FAD 2019 dirinya menyambut baik kegiatan yang dilakukan Surata, bahkan saat dirinya diajak untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut merasa senang, adanya kegiatan ini tanpa penunjang seperti pameran atau Expo produk-produk U dirasa kurang lengkap, makanya saat tim dari Surata menghubungi ia mau untuk ikut meramaikan acara.

Tak sampai disitu ucapan selamat atas gelaran yang dilakukan Surata juga datang dari Duta Bandara Nia Dahlia dan Duta Wisata Manuntung Fandi, pihaknya sungguh sangat mengapresiasi kegiatan FAP 2019 dengan adanya kegiatan tersebut tentunya menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi pengunjung dan menarik para wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan, semoga kedepannya kegiatan tersebut bisa terus dilaksanakan tiap tahunnya.

Terakhir Surata juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang mendukung seperti Dekranasda, PKK Kota Balikpapan dan Kecamatan, DPW Darma Wanita Disdikbud dan Rumah Budaya, Perindustrian, UMK dan Koperasi, Bank BPD Kaltimtara, Kantor Perwakilan BI Balikpapan, PT. Telkom Region VI, Wicaksono Group Invesment (WGI), PT. Kideco Jaya Agung, Komunitas Paser, Disperkim, Komunitas Dayak Kaltim, Komunitas Cinta Sejarah, Komunitas Cinta Balikpapan, Komunitas Penulis Sejarah Kota Balikpapan, Komunitas OBAMA Balikpapan, Komunitas Bonsai Kelapa Borneo Balikpapan dan lainnya.*

Waratawan : Riel Bagas/Heriyanto

Editor :penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here