Eri Sarudin : Rapid dan Swab Test Gratis di RSUD HIS, Hanya Bagi Pasien Terpapar Covid

0
165 views

Koordinator Tim Humas Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insani Sendawar (RSUD HIS) dr.Eri Sarudin.

Reporter : Ichal Penasatu

Penasatu.com,Kutai Barat – Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD – HIS) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) melalui Koordinator Tim Humas dr.Eri Sarudin mengatakan, bahwa rapid test dan swab test saat ini masih gratis di karenakan kita dapat bantuan dari Kementerian melalui Dinas Kesehatan provinsi. Namun hanya bagi pasien yang terindikasi terpapar covid-19 bukan masyarakat.

Pihak RSUD HIS mengakui bahwa hingga saat ini memang belum ada Rapid Test/Swab Test gratis di rumah sakit pemerintah tersebut bagi masyarakat ,ungkapnya.


“Belum ada Rapid Test/Swab Test gratis di RSUD HIS. Kecuali ada rekomendasi dari dokter spesialis yang menangani pasiennya, dan menyatakan dalam diagnosa penyakitnya, mengarah ke COVID-19,” terang dr Eri Sarudin, yang juga sebagai dokter umum, kepada media ini diruang kerjanya. Selasa,(18/8/20).

Kemudian menurut Eri Sarudin, sesuai dengan petunjuk Kementerian Kesehatan, melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, bahwa Rapid Test/Swab Test di RSUD HIS sebenarnya gratis namun bukan untuk umum.


“Saat ini hanya khusus untuk pasien yang dicurigai terpapar covid-19 atau pasien yang akan dirujuk ke Kota Samarinda,”pungkasnya.

Buktinya?, pada masa pandemi COVID-19 ini di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), belum ada pelaksanaan Rapid Test/Swab Test secara gratis bagi masyarakat yang seharusnya disiapkan pemerintah, melalui rumah sakit pemerintah.

Padahal sangat banyak warga masyarakat di 16 kecamatan se-Kubar yang berharap agar ada Rapid Test/Swab Test secara gratis dari pemerintah.


“Kondisi saat ini semakin bertambah orang yang terpapar corona virus disease (Covid-19). Kami juga kawatir, apabila saat terserang flu dan batuk. Kalau ada rapid tes gratis kami ingin sekali mengikutinya,” ungkap salah satu warga Kampung Long Iram Ilir, Kecamatan Long Iram, Hermansyah (37).

Sementara Dodo mengatakan, beberapa bulan lalu memang pernah ada rapid test gratis oleh Tim Gugus Percepatan Penanganan covid-19 Kubar. Tetapi menurutnya, tes gratis itu hanya dilakukan dipasar saja.


“Itupun hanya beberapa hari saja, bergantian tempat pelaksanaannya. Yang kami (masyarakat) inginkan, agar rapid test gratis itu berlaku stiap hari secara gratis di Rumah Sakit Umum Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS),” tutupnya.*

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here