Dukung Kontingen PON XXI Aceh – Sumatera Utara 2024, Pemprov Kaltara Alokasikan Anggaran 34 Miliar

0
92

Teks foto: Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara, Obed Daniel LT, S.Hut., MM.(Istimewa)

Tanjung Selor,penasatu.com-Pemprov Kaltara maksimalkan dukungan untuk Kontingen PON XXI Aceh – Sumatera Utara 2024 Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara Tahun 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) terus memaksimalkan dukungan kepada kontingen yang akan berlaga di ajang olahraga bergengsi tersebut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara, Obed Daniel LT, S.Hut., MM., menyampaikan bahwa Pemprov Kaltara telah mengalokasikan anggaran sebesar kurang lebih Rp34 miliar untuk mendukung kontingen yang akan bertanding di Aceh maupun di Sumatera Utara.

“Dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sudah menganggarkan sebesar kurang lebih Rp34 miliar untuk pembiayaan kontingen PON Kalimantan Utara, baik untuk yang bertanding di Aceh maupun di Sumatera Utara,” ujarnya.

Obed menjelaskan bahwa sejauh ini proses penganggaran tidak mengalami kendala karena dilakukan secara akuntabel. “Kita tahu kalau keuangan ini aturannya agak ketat, jadi kehati-hatian dari situ bukan karena alasan lain,” bebernya.

Menurut Obed, cabang olahraga (cabor) yang lolos telah melakukan persiapan pemusatan latihan mandiri melalui koordinasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltara. Pemusatan latihan ini ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing cabor dan dijalankan dengan program latihan terstruktur yang disusun oleh pelatih yang mereka tunjuk.

“Saat ini, Dispora sudah bergerak cepat untuk memproses pencairan anggaran tersebut, dan mudah-mudahan dalam satu pekan ini sudah cair,” kata Obed.

Ia menambahkan bahwa hingga kini terdapat kurang lebih 28 cabor yang lolos untuk mewakili kontingen Kaltara, mencakup olahraga bela diri, permainan, maupun olahraga terukur.

Dalam waktu tiga bulan menjelang PON, jika tidak ada perubahan, akan dilaksanakan Training Centre (TC) Desentralisasi yang akan ditangani langsung oleh KONI Kaltara sebagai persiapan akhir menjelang PON.

“Mudah-mudahan dengan persiapan tiga bulan ini, serta konsistensi atlet dan pelatih dalam program-program pelatihan, kontingen Kaltara bisa memberikan hasil yang maksimal,” tutupnya.(*)

penulis: eds

sumber: diskominfo kaltaraprov.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here