DPRD Kabupaten Balangan Pelajari Kearsipan Daerah Kota Balikpapan

0
230

Penasatu.com, Balikpapan – Rombongan DPRD dan beberapa Staf Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) menyambangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, Selasa (16/7).

Asgem, Kepala Bidang Persidangan DPRD Kota Balikpapan

Rusdiansyah yang mengepalai rombongan Komisi I DPRD Balangan ini hadir di Kota Minyak guna mengadakan study banding mengenai sistem penyelenggaraan Arsip dan Perpustakaan, diterima langsung Kepala Bidang Persidangan DPRD Kota Balikpapan Asgem yang didampingi Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Balikpapan Hery Misnoto. Menurut Asgem, rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Balangan berkunjung ke Balikpapan guna mempelajari Peraturan Daerah (Perda) Kota Balikpapan tentang Kearsipan Daerah.

“Di Balangan sendiri Perda tentang Kearsipan Daerah belum ada, makanya mereka datang ke Balikpapan, setelah ini mereka akan datang kembali ke Balikpapan dan langsung ke Gedung Arsip dan Perpustakaan Kota Balikpapan untuk mengkaji lebih lanjut mengenai teknis pengelolaan Arsip di Kota Balikpapan,” tutur Asgem.

Hal senada juga disampaikan Rusdiansyah sebagai Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Balangan, dirinya dan rombongan datang ke Balikpapan untuk mempelajari tentang pengelolaan Arsip dimana saat ini di Kabupaten Balangan sudah ada pemisahan. Sebelumnya Perpustakaan dan Kearsipan digabung, akan tetapi tata pengelolaannya sendiri masih belum begitu rapi dan menimbulkan banyak permasalahan.
“Sedangkan di Kota Balikpapan sendiri saat ini untuk Kearsipan dan Perpustakaannya meskipun digabung tapi pengelolaan arsip daerahnya sangat baik, makanya kami datang ke Balikpapan dan alhmdulillah, disini kita dapat saran dan masukan tentang pengelolaan arsip untuk Kabupaten Balangan.

Kedepan, mudahan dengan adanya masukan yang sudah kita dapat, secepatnya akan membuat perda inisiatif tentang penyelenggaraan arsip daerah,” ujarnya.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here