Dengan Dukungan DPRD Smart City akan Maksimal

0
83

Kompak, Sekretaris Komisi III DPRD Kota Balikpapan Ali Munsjir Halim, anggota Komisi III Taufik Qul Rahman, Kadis Perdagangan Arzaedi Rachman, Kadis Kominfo Sutadi, serta beberapa OPD lainnya saat menerima rombongan DPRD Kabupaten Magelang.

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – DPRD Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) HM Soleh Nurcholis menjelaskan kedatangan dirinya ke Balikpapan terkait tata kelola “Smart City” yang ada di Balikpapan, sehingga membuat kota ini sangat cepat perkembangannya dari daerah lain yang berada di Kalimantan Timur (Kaltim).

Soleh Nurcholis dan rombongan melakukan Kunjungan Kerja (kunker) ke Balikpapan, Selasa (17/12/2019). Mereka diterima Sekretaris Komisi III DPRD Kota Balikpapan Ali Munsjir Halim, anggota Komisi III Taufik Qul Rahman, Kadis Perdagangan Arzaedi Rachman, Kadis Kominfo Sutadi, serta beberapa OPD lainnya, di ruang rapat gabungam kantor DPRD Balikpapan.

“Di Kabupaten Magelang sendiri penerapan kota yang berbasis “Smart City” masih belum terlakasana, sehingga kami ke Balikpapan untuk mengetahui lebih dalam tentang tata kelolanya, agar bisa kami terapkan juga di Magelang,” kata Soleh Nurcholis.

Dijelaskan Sutadi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Balikpapan terbentuk sejak Desember 2018, Namun aktifnya sejak Januari 2017. Sehingga saat 2017 sudah diberlakukan Peraturan Daerah (perda) Nomor 21 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika.

“Perkembangan smart city di Kota Balikpapan saat ini tergolong masih baru, dan tahun 2019 ini tahapannya sudah memasuki tahap ketiga untuk pendampingan dari kominfo untuk membuat master plan smart city,” tutur Sutadi.

Saat ini tahapan smart city sudah mendapatkan assesment dari Kementerian Kominfo dan ada beberapa yang harus diperbaiki dalam gerakan smart city ke depan baik untuk jangka menengah maupun jangka panjangnya.

Dalam menunjang program smart city yang ada di Balikpapan, saat ini Balikpapan sudah membangun beberapa infrastruktur jaringan-jaringan serta fasilitas pendukung lainnya.

Ke depan tentunya dengan dukungan DPRD Balikpapan, program smart city yang dilaksanakan Kota Balikpapan akan maksimal, salah satunya dengan mendukung pembangunan kantor penunjang progaram smart city yang nantinya akan digunakan sebagai pusat data.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here