Cegah Covid-19, Masyarakat 2 Kampung di Mahulu Tutup Akses Masuk

0
259

Foto saat masyarakat melakukan penutupan Jalan.
Reporter/ Ichal Penasatu

Mahakam Ulu, penasatu.com – Masih mewabahnya pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Indonesia hingga ke Daerah. Masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) saat ini hanya bisa melakukan aktivitas dari rumah saja. Dan untuk hal tersebut ada 2 Kampung di Mahulu yang menutup sementara aksesnya.

Foto, Ketua DPD KNPI Mahulu Martinus Mi’ing,SH.

“Ketua DPD KNPI Mahulu, Martinus Mi’ing,SH mengatakan,semenjak bertambahnya masyarakat Mahakam Ulu yang terpapar covid-19, kini sebagian masyarakat Mahulu berdiam diri dirumah saja, dan bahkan ada juga masyarakat yang mengungsi di ladang (Kebun) mereka yang jauh dari perkampungan/kuota”, kata Martinus Mi’ing saat dikonfirmasi media ini via telpon.Selasa,(19/1/21).

Sebutnya Martinus Mi’ing, Ya memang kondisi saat ini dan di hari ini, di Mahulu sejak adanya kenaikan jumlah masyarakat yang terpapar covid-19 pada 15 januari 2021 yang lalu.

Menurutnya ini cukup memperhatinkan dan semoga wabah ini cepat berlalu, imbuhnya.

Lebih lanjutnya Martinus Mi’ing, ada dua Kampung yang saat ini melakukan (portal) penutupan jalan, yaitu Kampung Batu Majang, penutupan akses jalan tersebut dilakukan sejak 17 sampai 24 Januari 2021 mendatang. Kampung ini berbatasan langsung dengan Kampung Long Bagun Ulu dan Long Bagun Ilir. Penutupan itu dilakukan sendiri oleh masyarakat setempat.

Sedangkan Kampung Laham juga menutup aksesnya, ini juga dilakukan oleh masyarakatnya sendiri.

“Kalau kita lihat hampir semua orang beraktifitas dari rumah saja, seperti membersihkan halaman rumah masing-masing dan kebetulan sejak Senin 19 Januari 2021 kemarin masyarakat Mahulu sudah masuk panen padi,dan saat ini kebanyakan masyarakat berada di ladang masing-masing.

“Khususnya untuk masyarakat di Long Bagun ulu/ Ilir berada diladang semua.” jelas Martinus Mi’ing.

Selain itu, Martinus Mi’ing ada menyebutkan, bahwa ada salah satu masyarakat dari Long Bagun Ulu yang terpapar Covid-19 dan kondisinya sudah mulai memebaik dan masih menunggu hasil swab tes gen nya saja.

Martinus Mi’ing saat ditanya oleh media ini terkait perekonomian di Mahulu, dia mengatakan,kami belum mengadakan survey, kalau menurut pengamatan Saya di Mahakam Ulu khususnya masyarakat di Kecamatan Long Bagun, Kampung Long Bagun kebanyakan masyarakat melakukan lockdown dirumah masing-masing.

Masyarakat untuk saat ini sadar akan pentingnya Kesehatan, dan di depan rumah mereka kini tertulis dengan jelas “Kalau Ada Tamu Yang Datang Kerumah Tidak Menggunakan Masker Tidak Akan Di Terima Tanpa kecuali Siapapun Dia”.

Dan masyarakat juga taat protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dengan menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah masing masing, pungkas Martinus Mi’ing, SH yang juga Ketua KNPI Mahulu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here