Buka Rakor Sosialisasi TP2DD dan Gerakan Non Tunai ETP, Ini Kata Bupati Kubar

0
4 views

SENDAWAR, Pemerintah Kutai Barat melalui Badan Pendapatan Daerah  Kutai Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Tim percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan Sosialisasi Gerakan Non Tunai Percepatan Perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP), dibuka langsung Bupati Kutai Barat FX Yapan dan dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait secara langsung dan daring melalui Aplikasi zoom Meeting, berlangsung di Ruang koordinasi Setdakab Kutai Barat. Selasa (14/9)

Bupati Kutai Barat FX Yapan mengatakan, kegiatan ini berdasarkan Keputusan presiden nomor 3 Tahun 2021 tentang satuan tugas percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (TP2DD) sehingga sasaran kegiatan hari ini adalah memberikan pemahaman mengenai cara pembayaran dari tunai ke non tunai, peningkatan aktivitas dan efesiensi pelayanan public dan mendukung optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD). Hal tersebut bisa tercapai jika peran aktif seluruh pihak yang menjadi bagian dari tim ini dapat maksimal diberdayakan.

“Semua peserta dapat terus meningkatkan sinergritas untuk mensukseskan agenda ini dengan kerja sama dan koordinasi yang lebih baik, sehingga dapat meminimalisir hambatan – hambatan yang muncul dilapangan. Karena mengubah kebiasaan dari transaksi Tunai ke non tunai pastinya  ada  pro dan kontra tapi semoga tidak menjadi hambatan kedepannya,” harapnya.

“Sekarang era sudah berubah jadi kita harus bisa mengikuti era digitalisasi apalagi kita sekarang sudah ketinggalan dari beberapa daerah sehingga saya berharap ini bisa berjalan dengan baik dan dimana ada hambatan nanti akan kita evaluasi dan semua dinas harus mencoba karena sekarang semua menggunakan sistem digital dan tidak ada yang manual lagi,”tegasnya mengimbau.

“Jika  program ini sudah berjalan dengan tepat dan benar, tentu dapat meningkatkan tranparansi transaksi keuangan Daerah dan mendukung tata kelola serta upaya mengintegrasikan keuangan daerah dalam rangka mengoptimalkan PAD dan mendukung pengembangan transaksi pembayaran digital terutama dimasa pandemi Covid 19,” Jelas Bupati menambahkan

Sementara menurut Sekretaris TP2DD Yuli Permata Mora mengatakan, kegiatan rapat hari ini merupakan tindak lanjut dari terbentuknya tim percepatan perluasan digitalisasi daerah. Tugas tim menyusun draft rencana aksi dimana didalamnya terdapat unsur perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang dilanjutkan dengan pembentukan tim internal keskretariatan.

 “Sinergritas tim TP2DD harus terus ditingkatkan dengan seluruh pihak agar implementasi dilapangan dapat memenuhi target dengan kesiapan matang. Namun juga sebagai upaya mensukseskan program Nasional,” pungkasnya.(**/kmf Kubar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here