“BRAIN” Program Brimob Polda Kaltim Bantu Fasilitas Wifi Gratis dan Kelas Terbuka Bagi Pelajar di Balikpapan

0
15

Serius, anggota Batalyon A Pelopor yang dipimpin oleh Ipda Sutikno Adi saat mengajarkan siswa Sekolah Dasar (SD) di Jl. Jend. Sudirman Lap. Golf Pertamina Rt. 23 No. 9, Kelurahan Damai Bahagia Kecamatan Balikpapan Selatan secara daring (online).

Penulis : eddybpn.

Penasatu.com, Balikpapan – Perubahan belajar mengajar dunia pendidikan dari tatap muka menjadi belajar secara daring (online) di tengah pandemi Covid-19 masih menjadi kendala yang sangat dirasakan hingga saat ini. Hanya dalam hitungan bulan, mau tidak mau Kemendikbud Republik Indonesia harus mengganti arah kebijakannya guna membantu kegiatan belajar mengajar agar berjalan efektif meski dari rumah.

Laju penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya Kalimantan Timur utamanya kota Balikapapan tentunya membuat Brimob Polda Kaltim Batalyon A Pelopor berjuang melakukan berbagai upaya untuk segera mengakhiri pandemi ini, agar seluruh sektor kehidupan tidak lagi mengalami masa sulit, termasuk dunia pendidikan.

Maka dari itu dengan Program BRAIN (Brimob Ramah Anak Indonesia) diharapkan dapat menjadikan sistem belajar mengajar jauh lebih menyenangkan dan mementingkan kesehatan anak–anak serta efektif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anggota Batalyon A Pelopor yang dipimpin oleh Ipda Sutikno Adi mengajarkan siswa Sekolah Dasar (SD) di Jl. Jend. Sudirman Lap. Golf Pertamina Rt. 23 No. 9, Kelurahan Damai Bahagia Kecamatan Balikpapan Selatan. Kegiatan dilakukan secara langsung dan daring dengan materi – materi yang tercantum dalam kurikulum pelajaran sehingga dapat mudah di hafalkan dengan baik, karena siswa bersekolah dengan menyenangkan. Selasa (8/9/20).

Diharapkan Program BRAIN ini bisa berjalan dengan baik dan mengembalikan tingkat kebosanan anak menjadi semangat dalam belajar saat mengikuti belajar-mengajar.

Salah satu dampak yang paling terlihat atas perubahan dunia pendidikan di tengah pandemi Covid-19 adalah keefektifan proses belajar – mengajar. Pasalnya, tidak semua peserta didik mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang mengandalkan media online, terlebih pada jenjang Sekolah Dasar (SD).

Plh. Danyon A Pelopor Kompol V. J. Parapaga, SIK mengatakan, “Sistem pembelajaran secara online ini menuntut siswa belajar secara mandiri serta membutuhkan fasilitas dan sumberdaya yang memadai, hanya beberapa kalangan saja mungkin yang mampu untuk mengikuti program tersebut. Maka dari itu kami harapkan seluruh jajaran mendukung penuh program BRAIN ini agar anak-anak bisa merasakan belajar melalui daring bisa maksimal,” ungkapnya.

Masih Kompol V. J. Parapaga, SIK menambahkan,” kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian Polri serta bentuk Bakti Brimob Polda Kaltim terhadap masyarakat yang terdampak Covid–19. Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Kaltim untuk masyarakat, dalam hal ini di wilayah kota Balikpapan dan sekitarnya guna meningkatkan mutu pendidikan ditengah pandemi Covid–19,” tegas Parapaga.

Dirinya berpesan, “Jangan anggap remeh tentang virus corona ini, karena wabah virus ini sudah menjadi pandemi, kita harus waspada dan kita harus patuhi protokol kesehatan”, pintanya.

Sumber : Brimob Polda Kaltim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here