Besok Idul Fitri 1445H, Walikota Balikpapan Ucapkan Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada Warga Balikpapan

0
732

Foto: Walikota kota Balikpapan,H.Rahmad Mas’ud SE.ME saat hadir di Menara Masjid Madinatul Iman Islamic Center Balikpapan guna melihat hilal.

Balikpapan, Penasatu.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan, yang dipimpin langsung Kepala Stasiun Geofisika Rasmid, mengonfirmasi bahwa hingga pukul 18.46 WITA, hilal untuk menentukan awal 1 Syawal 1445 H belum terlihat di Kota Balikpapan, Selasa (9/4/2024) sore.

Meskipun telah dilakukan pengamatan hingga matahari terbenam, kondisi cuaca yang ditutupi awan tebal membuat observasi tersebut tidak memungkinkan.

Rasmid menjelaskan bahwa ketinggian hilal sudah memenuhi syarat untuk dapat diamati, dengan data elevasi mencapai 7,94. Namun sayangnya cuaca yang buruk menghalangi proses tersebut. Sementara itu, hilal telah teramati di daerah lain seperti Manado.

“Kondisi cuaca yang buruk menghalangi observasi hilal di Balikpapan, meskipun ketinggiannya sudah memenuhi syarat untuk diamati,” kata Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, Rasmid.

Kegiatan yang disaksikan langsung Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud ini juga dihadiri oleh pejabat dan awak.media berlangsung di Menara Masjid Madinatul Iman Islamic Center Balikpapan .

Walikota Rahmad Mas’ud menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan rukyatul hilal oleh Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan sebagai upaya untuk memberikan data yang akurat mengenai penentuan awal Syawal di wilayah tersebut.

Ia menekankan pentingnya tradisi rukyatul hilal dalam Islam untuk menentukan awal bulan Ramadhan dan Syawal, serta mengajak umat Islam untuk tetap menjaga persaudaraan meskipun terdapat perbedaan dalam penetapan awal bulan.

Rahmad juga mengajak masyarakat Balikpapan untuk memanfaatkan momen Idul Fitri ini untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT serta untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota Balikpapan agar suasana Idul Fitri semakin nyaman dan menyenangkan.

Rahmad mengucapkan selamat Idul Fitri 1445 Hijriah dan memohon maaf lahir dan batin kepada seluruh masyarakat, serta berharap agar bulan Ramadan ini membawa berkah bagi semua orang, sehingga Balikpapan dapat menjadi kota yang nyaman, modern, dan sejahtera bagi semua penduduknya.

“Mari kita manfaatkan momen Idul Fitri ini untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT,” kata Wali Kota Balikpapan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here