Bawaslu Manggarai Kembali Gelar Rapat Kordinasi Partisipatif

0
9 views

Marselina Lorensia Ketua Bawaslu Manggarai (berdiri)

Penasatu.com.Manggarai-NTT.Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manggarai menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Partisipatif, di Aula Efata Ruteng, Kamis 29/10/2020.

Marselina Lorensia Ketua Bawaslu Manggarai saat membuka kegiatan itu mengatakan, tagline Bawaslu “Bersama Rakyat awasi pemilu” pada hakekatnya menunjukan bahwa masyarakat juga diberikan peran dalam melakukan pengawasan pilkada.

“Pasal 131 Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada memberi ruang kepada masyarakat untuk melakukan pengawasan disetiap tahapan pilkada”Terang Marselina.

Dikatakan Marselina, Selain personil Bawaslu yang terbatas dan objek pengawasan yang sangat luas serta kondisi geografis yang sulit Bawaslu Manggarai membutuhkna peran serta masyarakat untuk mengawasi seluruh tahapan pilkada 2020.

“Tahapan pilkada 2020 beririsan, dimana saat ini penyelenggara Bawaslu sedang mengawasi tahapan kampanye, satu sisi kami juga sedang merekrut jajaran pengawas TPS dan sekalian mengawasi perekrutan KPPS. Kami tidak bisa sendiri, personil kami terbatas fan objek pengawasan yang luas, maka kami butuh masyarakat membantu kami melakukan pengawasan.” Imbuhnya.

Tak hanya itu, Marselina juga berharap agar proses pilkada 2020 diselenggarakan tanpa adanya pelanggaran, kecurangan dan tetap menjaga kesehatan serta menaruh harapan penuh kepada semua peserta rapat yang hadir agar pesan-pesan pengawasan dapat disampaikan kepada masyarakat.

“Pilkada 2020 adalah pilkada yang berbeda dari pilkada sebelumnya dan bersejarah karena dijalankan ketika negara sedang dalam kondisi Covid-19. Saya berharap kita tetap jaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan dan pesan-pesan pengawasan yang didapatl melalui materi hari ini bisa diteruskan ke masyarakat”tutup Mareselina

Sementara itu Kordiv Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Manggarai Herybertus Harun mengajak seluruh peserta rapat agar menjadi agen pembawa pesan-pesan pengawasan serta berani melapor ke jajaran pengawas apabila menemukan dugaan pelanggaran pilkada.

“Saya harap kita bisa menjadi agen pembawa pesan pengawasan ke kemasyarakat, keluarga, dan berani melapor ke jajaran pengawas dengan menggunakan sistem aplikasi Gowaslu atau lansung mendatangi kantor Bawaslu” Ungkap Hery

Hery juga berharap , Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif menjadi langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi.

“Tujuan pengawasan partisipatif adalah mencegah terjadinya konflik, mendorong tingginya partisipasi publik, membentuk karakter dan kesadaran politik masyarakat, serta menjadikan pemilu yang bermartabat dan berintegritas” tutup Hery

Diketahui Rakor ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Manggarai Marseliina Lorensia didampingi Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal Herybertus Harun, Koordinator Sekretariat Yoseph Djehadin serta dihadiri oleh perwakilan relawan dari pasangan calon, tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa, tokoh pemuda, Orang Muda Katolik (OMK), remaja masjid dan PMKRI, GMNI dan Karang Taruna Se Kabupaten Manggarai.

Laporan : Yhono Hande

Sumber: Humas BKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here