Bantu Pulihkan Ekonomi Di Masa Pandemi, Kodim 0912/KBR Bersama Pemerintah Salurkan DBT Bagi PKL dan Warung di Kubar

0
23 views

SENDAWAR, Pemerintah Kutai Barat bersinergi dengan Komando Distrik Militer (Kodim 0912) Kutai Barat melaksanakan Penyaluran Dana Bantuan Tunai bagi 799 Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) dalam upaya membantu Pelaku Usaha Mikro (PUM) dengan nominal Rp1.200.000 per PKL/warung yang ada dalam Wilayah Kodim 0912/KBR akibat dari dampak Corona Virus Desease 2019 (Covid 19), Jumat (8/20/21).

Pemberian bantuan ini merupakan bentuk responsif dari TNI, kepedulian kepada masyarakat untuk dapat memulihkan dan meningkatkan gerakan roda perekonomian di Kutai Barat terutama ekonomi masyarakat ditingkat bawah. 

“Ini merupakan upaya pemerintah sesuai  Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 dan Nomor 28 Tahun 2021, terutama bagi para penerima bantuan PKL dan Warung yang belum mendapatkan bantuan, melalui skema Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM), yang mana bantuan ini sebagai kompensasi atas kerugian ekonomi akibat PPKM,” ungkap Nopandel, Asisten II Setdakab Kutai Barat mewakili Bupati Kubar usai penyerahan penyaluran BTPKLW secara simbolis.

Sementara, sambutan Bupati Kutai Barat yang dibacakan Nopandel menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Kutai Barat dengan Kodim 0912 Kutai Barat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pandemi covid-19 sangat berdampak bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) , oleh sebab itu pemerintah bersama Kodim 0912/KBR memberikan bantuan bagi UMKM berupa penyaluran program Bantuan Tunai  BTPKLW.

Masih sambutan Bupati Kubar, sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama dan kontribusi Kodim 0912/KBR dalam melaksanakan program Pemerintah Daerah khususnya dalam bidang Pertahanan dan Keamanan yang bersinergi juga dengan pihak kepolisian dalam hal ini Polres Kutai Barat. “Atas nama Pemerintah Kutai Barat, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada TNI/POLRI, atas perhatian Kodim 0912/KBR melalui kegiatan penyaluran bantuan ini yang ditargetkan bagi pelaku UMKM,” Jelasnya.

Sementara, Komandan Kodim (Dandim) 0912/KBR Lektol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo mengungkapkan,  program BTPKLW ini adalah program dari Pemerintah Pusat,  berupa bantuan langsung tunai dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Kodim 0912/KBR.

Diterangkannya, kegiatan penyaluran bantuan ini khusus untuk wilayah Kodim 0912/Kbr, yaitu berupa bantuan tunai  BTPKLW sebanyak 799 masyarakat pelaku usaha kecil menengah dengan besaran nilai yakni sebanyak Rp 1.200 juta per-PKl/Warung.

“Sebelum bulan Oktober berakhir diusahakan semua  sudah tersalurkan kepada masyarakat penerima secara penuh tanpa pemotongan atau biaya tambahan,” terangnya.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan sdapat kembali mengembangkan usaha kecil masyarakat dan dapat mampu bertahan dalam perekonomiannya selama covid 19, kepada seluruh masyarakat Kutai Barat agar tetap menerapkan dan mengutamakan Protokol Kesehatan (Prokes) walaupun Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah dilevel 3 yang semula dilevel 4.

“Mari bersama-sama dalam beraktivitas sehari-hari tetap menerapkan prokes, agar covid 19 segera berakhir dan ekonomi masyarakat dapat kembali normal serta lebih berkembang kedepannya,”pungkasnya.(*)

sumber: Dikominfo Kubar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here