Balikpapan Jalin Kerjasama Antar Daerah dengan Kabupaten Donggala

0
31 views

Penasatu.com, Balikpapan – Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi SE, Bupati Donggal Drs. Kasman Lassa SH MH, Wakil Bupati Moh Yasin S Sos, Sekretaris Daerah (Sekda) Balikpapan Sayid MN Fadly dan sejumlah organisasi Perangkat Daerah (OPD) Balikpapan hadir langsung pada penanda tanganan kerja sama Antar Daerah anatara Pemerintah Daerah Balikpapan dan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Saat penandatangan kesepakatan kerjasama antara Walikota Balikpapan Rizal Effendi, SE dan Bupati Donggala Drs Kasman Lassa di Aula Gedung Pemkot Balikpapan.

Penandatangan Kesepakatan Bersama antara Kabupaten Donggala dan Pemkot Balikpapan adalah jalinan kerjasama dibidang Pembangunan Antar Daerah dalam bidang Pertanian, Peternakan dan Pariwisata. Pelaksanaan penandatangan kerjasama di Aula Kantor Walikota, Jl Jenderal Sudirman Klandasan Balikpapan, Kalimantan Timur, Jum’at (18/9/20).

Dalam sambutannya Rizal menyambut baik kerjasama dengan Kabupaten Donggala, karena seperti diketahui Donggala merupakan daerah Pertanian, Pariwisata.

Yang mana Donggala suatu daerah yang selalu mensuplai kebutuhan ke Kalimantan Timur (Kaltim) khsusunya Balikpapan.

“Sejak Kecil saya lebih mengenal Donggala dengan Sapi dan hasil pertanian seperti buah Pisang serta dengan Batunya,”

“Kalau orang sudah menyebut sapi Donggala, kualitasnya pasti dijamin baik,”

Lanjut Rizal, kerjasama yang dilakukan tentunya akan membawa manfaat, terlebih ditengah kondisi pandemi covid-19 sebuah daerah tidak bisa berdiri sendiri.

Kerjasama dengan Donggala sangat diperlukan Balikpapan, seperti di bidang Pertanian.

Di Balikpapan lahannya kurang subur, terlebih kontur tanah yang ada di Balikpapan berbukit-bukit, sehingga diperlukan kerjasama dengan Kabupaten Donggala.

Karena sejauh ini, Balikpapan dalam memenuhi kebutuhannya sebahagian dari pulau Jawa.

Sementara itu, Kasman Lassa menjelaskan ada beberapa ruang lingkup kerjasama yang disepakati bersama pemkot Balikpapan diantaranya dibidang Pertanian, Peternakan dan Pariwisata.

Untuk pertanian sendiri nantinya, pemerintah Donggala siap mensuplai beras dalam jumlah Ribuan Ton untuk dikirim ke Balikpapan.

“Suplai beras ke Balikpapan memang sudah berjalan ratusan tahun yang lalu, hanya saja sejauh ini belum terorganisir,”

Lanjut Kasman, Donggal bukan hanya menyuplai beras saja, akan tetapi akan mengirimkan sapi ke Balikpapan.

“Nanti kami (Donggala) bukan hanya dikirim dagingnya saja, nanti kami akan kirim sapi nya sekalian ke Balikpapan,”

Ada yang lebih utama dalam kerjasama tersebut, yakni pengiriman Batu, Kerikil dan Batu Abu.

Selama ini, kapal pengiriman yang bertolak dari pelabuhan Donggala membawa semua kebutuhan pokok Balikpapan.

Akan tetapi saat kapal tersebut kembali ke Donggala selalu saja kosong, maka dari itu perlu ada kerjasama dengan Balikpapan.

Sehingga kapal yang selesai mengirim kebutuhan di Balikpapan, saat kembali ke Donggala ada yang dibawa dari Balikpapan.

Disamping tukar menukar kebutuhan hasil pertanian dan peternakan, Donggala juga siap untuk mengirimkan Sumber Daya Manusia (SDM) nya ke Balikpapan jika di Balikpapan ada membuka pelatihan dibidang Pendidikan.

Ada satu komoditi yang menjanjikan saat ini di Donggala, dimana untuk masyarakatnya saat ini sedang menanam tanaman daun kelor, dimana hampir seluruhnya masyarakat Donggala membudidayakan tanaman daun kelor.

Daun kelor sendiri saat ini memeliki nilai jual yang lumayan tinggi di Balikpapan, yang mana daun kelor tersebut nantinya akan dipergunakan untuk bahan pembuatan kosmetik dan lain-lain.

wartawan : Riel Bagas

editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here