Asisten II Wakili Bupati, Buka Seminar Draft Laporan Akhir Studi Kelayakan Pengembangan Transmigrasi Kubar

0
1 views

Penasatu.com , Kutai Barat – Assisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Sumber Daya Alam, Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat, Ayonius membuka Seminar draft laporan akhir studi kelayakan pengembangan transmigrasi Kabupaten Kutai Barat, itu berlangsung di lantai tiga kantor Bupati Kutai Barat, Selasa, (15/10/2019).

Bupati Kutai Barat dalam sambutannya yang dibacakan Ayonius mengatakan, penyelengaraan kegiatan transmigrasi ini bertujuan untuk meningkatan kesejahteraan petani transmigrasi dan masyarakat sekitarnya peningkatan dan pemerataan pembangunan daerah serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, urgensi transmigrasi ini menjadikan pembangunan tranmigrasi menjadi salah satu focus prioritas nasional yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.”katanya.

Kebijakan transmigrasi diarahkan untuk pembangunan dan pengembangan kawasan yang memiliki keterkaitan dengan kawasan sekitarnya membentuk pengembangan ekonomi wilayah, “pembanguna kawasan transmigrasi mencakup penataan kembali kawasan pedesaan melalui pemerataan penduduk yang serasi dan seimbang sesuai dengan daya dukung alam dan daya tamping lingkungan dan penataan sistem kehidupan social ekonomi dan budaya”,ujarnya.

Guna menunjang program Pemerintah Pusat sebagai mana Nawacita Presiden Republik Indonesia butir ke 3 yakni “membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan.

Maka pemerintah Kabupaten Kutai Barat mendukung penuh pelaksanaan Nawacita tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan terkait pengembangan Transimgrasi.”pungkasnya.

Untuk Kabupaten Kutai Barat terpilih 5 kampung dari 2 Kecamatan yang menjadi perencanaan transmigrasi yakni Kampung Sentalar dari Kecamatan Nyuatan serta Kampung Muara Nyahing, Bermai, Besiq dan Muara Niliq dari Kecamatan Damai. “Diharapkan dukungan dari Camat dan Petinggi untuk mensosialisaikan kepada masyarakat kampung agar dapat merpersiapkan lingkungannya terutama lingkungan hidup dan sosial dengan baik.”pintanya.

Pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi merupakan salah satu instrumen untuk mendorong pembangunan kawasan pedesaan terutama didaerah tertinggal dan perbatasan, daerah strategis cepat tumbuh, pulau terluar dan pesisir serta pengembangan keterkaitan desa dan kota dikawasan yang disiapkan sebagai kawasan perkotaan baru.”tutupnya.*

Wartawan :Ichal

Editor: pena1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here