Arkadius : Pilkada Kubar Diikuti YAKAN dan MAS, Pencabutan Nomor Urut Hari Ini

0
14 views

Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye,SH.

Reporter : Ichal Penasatu.

Penasatu.com,Kutai Barat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Barat telah menggelar Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat 2020. Adapun rapat digelar secara tertutup dengan mengumumkan hasil.penetapan secara daring (online) melalui media sosial milik KPU Kubar.

Ini diungkapkan Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye , rapat pleno di lakukan secara tertutup dan di laksanakan di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Kemudian hasil berita acara rapat pleno akan dituangkan dalam keputusan penetapan pasangan calon peserta Pilkada serentak 2020.

Untuk Kabupaten Kutai Barat dari hasil verifikasi paslon kemudian dituangkan dalam berita acara penetapan paslon NO: 273/PL.02.2-Pu/KPU-Kab/lX/2020. Telah ditetapkan dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat yang memenuhi syarat yaitu, pasangan FX Yapan dengan Edyanto Arkan (YAKAN) dan Pasangan Martinus Herman Kenton dan Abdul Aziz (MAS), ujar Ketua KPU pada awak media, Rabu (23/9/20).

Selanjutnya, hasil dari penetapan paslon selain diumumkan melalui media sosial juga akan diumumkan di papan pengumuman dan/atau di laman KPU Kubar.

Arkadius Hanye menjelaskan,untuk penetapan, karena bersifat tertutup paslon memang tidak dihadiri oleh pasangan calon kepala daerah. Ini berdasarkan Peraturan KPU nomor 9 tahun 2020 pasal 68 ayat (3), kegiatan penetapan juga tidak melibatkan utusan pasangan calon.

“Berdasarkan PKPU , protokol kesehatan harus benar-benar dipatuhi dan dilaksakan oleh semua pihak. Termasuk pada saat penetapan paslon dan pengundian nomor urut pada 24 September besok,” tutup Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye.

Untuk diketahui pasangan calon pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kubar adalah Yakan mendapat dukungan 25 Kursi DPRD Kubar, sedangkan Mas merupakan pasangan calon yang maju di jalur perseorangan dengan perolehan dukungan 12.950 e-KTP, terang Arkadius.*

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here