Apel OPSGAKPLIN dan PPKM di Gelar Kodim 0912 Kubar Bersama Polri dan Pemkab Kubar

0
372

Sendawar, penasatu.com – Kodim 0912 Kutai Barat gelar Apel Operasi Penegakan Disiplin (OPSGAKPLIN) protokol kesehatan dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyatakat (PPKM) di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Kegiatan berlangsung di halaman apel Ma-Kodim 0912/Kubar Jln. Gajah Mada Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat. yang di ikuti sekitar 150 orang.

Dalam apel gabungan itu dipimpin langsung Dandim 0912, Letkol Inf Anang Sofyan Effendy, dihadiri Kapolres Kubar, AKBP Irwan Yuli Prasetyo, Wakil Ketua I DPRD Kubar, H. Ahmad Saiful ,SH , Hakim Pengadilan Negeri Kubar, Hario Purwo Hantoro, SH.MH, Perwakilan Kajari Kubar Syarifudin SH, Sekertaris Satpol PP Yustinus Gerry SP, Kasdim 0012 Kubar Mayor Czi Vispayudha Auguzta, Kanan BPBD Jenton SPd, Para Perwira Kodim 0912/Kbr, Para Perwira Polres Kubar.

Dalam sambutannya, Dandim 0912/Kubar Letkol Inf Anang Sofyan Effendy mengatakan, pada hari Sabtu kemarin kepada seluruh pimpinan baik TNI-Polri kemudian pimpinan dari instansi-instansi terkait dalam hal ini sebagai Leading sektor BNPB bahwa pelaksanaan penegakan protokol disiplin kesehatan secara masif yang dilaksanakan kurang lebih dua minggu kedepan secara serentak di seluruh wilayah di Indonesia.

“Ini perlu ditingkatkan melihat perkembangan kasus terkonfirmasi positif di Republik Indonesia. Baik dari sabang sampai Merauke cukup tinggi, peningkatannya di pada bulan Januari ini, jika dilihat secara statistik Indonesia ini memiliki rangking yang cukup tinggi .Di dalam kasus peningkatan konfirmasi positif maupun kasus kematian, sehingga pimpinan kita dalam hal ini bapak presiden mengambil langkah untuk segera kita tindak lanjuti sampai dengan kita-kita yang berada di lapangan ini”,ujar Dandim.

Saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan sekalian yang telah berkenan hadir untuk melaksanakan apel ini, menyita waktunya di hari libur ini. Ini semua kita lakukan untuk mendukung tugas kita, tiada lain hanya Tuhan nanti yang akan membalas atas kebaikan yang kita lakukan, pungkas Dandim.

Sementara, Kapolres Kutai Barat AKBP Irwan Yuli Prasetyo mengatakan, kehadiran kami disini adalah untuk melaksanakan tugas dan kewajiban kita, sesuai Instruksi Bapak Presiden Republik Indonesia (RI) kepada folder seluruh instansi, terkait dalam menetapkan protokol disiplin kesehatan kepada seluruh masyarakat.

Selanjutnya kita evaluasi dan segera lakukan tindakan agar bisa menyadarkan masyarakat, mari kita mulai dari diri kita sendiri, kemudian keluarga, lingkungan kantor sehingga tidak menjadi cluster baru. Untuk itu mari kita satu tujuan untuk masyarakat Kubar dan Mahulu untuk sadar akan protokol kesehatan covid-19, pungkasnya.

Senada dilontarkan Wakil Ketua I DPRD Kutai Barat, H.Ahmad Saiful,SH ,yang biasa akrab disapa (H Acong itu) dia menuturkan, Kita berharap nanti kepada petugas yang ada posko pintu masuk seperti yang ada Daerah Jambu Makmur Kecamatan Bongan, Kecamatan Penyinggahan dan Bentian Besar pemeriksaan harus selektif dan bagi pelaku perjalanan harus menunjukan hasil tes nya, yakni, swab/rapid tes antigen.

Ditambahkannya, sebenarnya covid-19 di Kubar atau Mahulu ini dikarenakan, “mohon maaf” lanjutnya, ialah para pencari kerja dari luar, ujarnya.

Jadi Kubar dan Mahulu ini sebenarnya hanya sebagai lintasan saja. Untuk itu dari sekarang akan kita perketat seleksi orang yang akan masuk ke Kubar.

Adapun peserta apel gabungan tersebut itu dibagi menjadi lima regu diantaranya, Kodim 0912/Kubar terdiri dari 2 pleton, Polres Kubar 1 Pleton ,Satpol PP Kubar 1 Pleton, Dishub Kubar 1 regu dan BPBD Kubar 1 regu.Kelima regu tersebut selain mengikuti apel gabungan juga diperintahkan untuk mendatangi tempat tempat seperti pasar dalam memberikan himbauan pentingnya protokol Kesehatan.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here