Antusias Masyarakat Kecamatan Long Bagun Dan Kampung Ujoh Bilang Menyaksikan Festival Hudoq Cross Border 2019.

0
205
Foto : peserta festival hudoq parade keliling Kampung Ujoh Bilang.

Penasatu.com, Mahakam Ulu – Persembahan dari jantung borneo dari perbatasan untuk peradaban festival hudoq cross border 2019 yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu.

Acara itu sangat menarik, animo masyarakat Kampung Ujoh Bilang dan masyarakat Kecamatan Long Bagun yang turut menyaksikan. Terlebih ketika peserta berparade keliling Kampung Ujoh Bilang, Kamis (24/10/2019).

Sebelumnya peserta berkumpul di tengah Sungai Mahakam yang sedang surut. Warga setempat menyebutnya sebagai karangan atau wadah berkumpul peserta Festival Hudoq.

Di lokasi ini, para peserta menggunakan pakaian Hudoq dan naik ke beberapa perahu yang sudah disiapkan. Kemudian berlayar menuju pelabuhan Ujoh Bilang sebagai tempat masuk.

“Ini selalu dilakukan sebelum festival resmi dibuka. Maksud parade sebagai ucapan selamat datang dan juga merupakan tradisi yang terus dilakukan,” kata Amos, salah satu kontingen asal Long Bagun.

Parade peserta Hudoq berlangsung dari pukul 13.00 WITA dan langsung menuju panggung utama tempat acara pembukaan Festival Hudoq Cross Border 2019 yang digelar sore tadi.

Pada acara tersebut di hadiri Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, SH, Wakil Bupati Mahakam Ulu Y. Juan Jenau, SH, Walikota Samarinda Syahrie Jaang beserta istri dan rombongan,perwakilan Polsek Kecamatan Long Bagun, perwakilan Koramil Kecamatan Long Bagun,Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kutai Barat Ricky Pengabean dan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Mahulu.*

Wartawan : Ichal.

Editor : eds/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here