Angin Puting Beliung Di Sergai Rusak 57 Rumah Warga

0
49 views

Sergai, Penasatu.com – Puluhan rumah warga masyarakat di Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatra Utara porak poranda di terjang angin puting beliung. Adapun masyarakat terdampak puting beliung ini yang ada di daerah seperti, Kecamatan Perbaungan, Pantai Cermin, Teluk Mengkudu, Sei Rampah, Sei Bamban dan Tanjung Beringin.

Dari data sementara yang diperoleh terhadap kondisi rumah warga yang mengalami rusak berat dan ringan diketahui sebanyak 57 unit.

Peristiwa ini terjadi Jum’at (23/4/2021) sekira pukul 21.00 Wib, yang diawali dengan hembusan angin dan hujan rintik hingga guyuran hujan lebat yang disertai suara petir.

Menurut Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan rakyat (Asisten I) Kabupaten Sergai, Nina Deliana Hutabarat S.Sos,M.Si yang dihubungi via telepon selulernya, Sabtu (24/4/2021) mengatakan, bencana alam yang melanda daerah ini sudah tiap tahun. Jadi kejadian ini merupakan cobaan dari Allah SWT yang harus dihadapi dengan sabar dan tabah, ujarnya.

Apalagi saat ini umat muslim sedang menjalani ibadah puasa. Justru itu mari kita sama-sama berdo’a menundukan kepala memohon kepada Allah SWT agar musibah berupa bencana alam ini di jauhkan dari Kabupaten Serdang Bedagai, imbuh Nina Deliana sambil mengajak.

“Guna meringankan beban masyarakat korban bencana alam sebut Nina, yang didampingi Kepala BPBD Sergai, Hendri Suharto SH, Kadis Kesehatan Sergai dr.Bulan Simanungkalit M.Kes, sudah diserahkan secara simbolis bantuan bahan bangunan seperti, Seng, Roti, Minyak Goreng, Beras, Sarung dan paku,” terangnya.

Bahan bangunan itu diserahkan kepada perwakilan masyarakat yang menjadi korban bencana angin puting beliung di Dusun IV Desa Lubuk Rotan, Kecamatan Perbaungan.

Sementara, M.Khadafi warga Dusun I Desa Lubuk Dendang Kecamatan Perbaungan, salah satu korban tiupan angin Puting Beliung menuturkan bahwa kerugian yang dialaminya akibat rumah yang ditempati rusak, diperkirakan mencapai Rp 27 juta.

Dirinya, berterimakasih karena sudah menerima bantuan secara simbolis dari Pemkab Sergai yang diserahkan oleh Asisten I Setdakab Sergai berupa bahan bangunan.

Peristiwa ini katanya, terjadi sangat cepat dan hanya hitungan menit dan detik saja. Yang membuat atap seng berterbangan yang mengakibatkan sebagian rumah rusak. Alhamdulillah bantuan datangnya cepat, imbuh M.Khadafi.

“Terimakasih saya sampaikan kepada Bupati Sergai H.Darma Wijaya, Wakil Bupati Sergai H.Adlin Umar Yusri Tambunan ST,MSP dan Sekdakab Sergai HM.Faisal Hasrimy AP,MAP, yang telah cepat tanggap terhadap musibah yang dialami oleh masyarakat saat ini, pungkasnya.

Saat dilakukan penyerahan bantuan, turut hadir dan menyaksikan Camat Perbaungan M.Fahmi S.STP,MAP dan Kades Lubuk Dendang.(Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here