Memahami COVID-19 dalam Ilmu Epidemologi

0
478

Oleh : I Putu Gede Indra Wismaya.
Mahasiswa Magister kenotariatan Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang

Penasatu.com, Balikpapan – Epidemologi Ilmu yang mempelajari tentang pola penyebaran penyakit atau kejadian yag berhubungan dengan kesehatan, serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keadaan tersebut.

Epidemologi dilakukan pada lingkup masyarakat tertentu mulai dari lingkungan yang kecil hingga lingkungan yang lebih besar, contohnya; Lingkungan Perumahan, sekolah daerah, negara hinggga dunia.

Aplikasi ilmu ini, adalah untuk melakukan investigasi terhadap suatu kejadian yang berhbungan dengan kesehatan agar bisa dikontrol, misalnya saat terjadi wabah.

Dalam epidemologi, ada istilah yang disebut wabah, epidemi, pandemi dan endemi. Semua ini berhubungan dengan penyakit-penyakit serius.
Wabah, Suatau penyakit dengan jumlah orang terjangkit lebih banyak daripada biasanya, pada komunitas atau di musim-musim tertentu. Wabah terjadi secara terus menerus, mulai hitungan hari hingga tahun. Tidak hanya di suatu wilayah, tetapi bisa juga meluas ke daerah atau negara lain.

Di Wuhan China, COVID-9 dapat disebut dengan wabah. Sutu penyakit dikatakan wabah ketika:
• Sudah lama tidak pernah menjangkit masyarakat
• Datang enyakit baru yang sebelumnya tidak diketahui
• Penyakit tersebut adalah penyakit baru pertama kali menjangkiti masyarakat didaerah itu.

Epidemi adalah kondisi yang mirip dengan wabah. Kedaan dikatakan epidemi jika suatu kelompok masyarakat suatu wilayah terkena penyakit menular dan kejadiannya terjadi secara cepat. Salah satu contoh epidemi adalah ditahun 2003 ketika terjadi penyakit SARS (SEVERE ACUTE RESPIRATORY SYNDROME) yang mewabah di seluruh dunia dan menelan korban ratusan jiwa.
Pedemi situasi dan kondisi terkini COVID-19 sudah sampai pada tahap kategori pandemi, suatu wabah yang terjadi secra luas diseluruh dnia. Dngan kata lain, penyakit ini sudah menjadi masalah bersama warga dunia.

Endemi adalah keadaan atau karakteristik wilayah ataua lingkungan tertentu yang ada hubungannya dengan penyakit. Misalnya daerah tertentu adalah tempat yang dikenal sebagai lingkungan yang masyarakatnya mudah terjangkit penyakit tertentu penyakit ini selalu ada di daerah tersebut tapi frekuensinya rendah. Di indonesia contohnya ada daerah yangmerupakan endemik malaria. Tidak demikian dengan halnya COVID-19, karena masih termasuk kategori baru.

Epidemiologi merupakan ilmu yang penting bagi para tenaga kesehatan. Dengan bantuan epidemologi, pemerntah dan tenaga kesehatan dapat memetakan pola penyakit sehingga bisa dilakukan langkah-langkah untuk mencegah perburukan dan mencari solusi.
Insturmen hukum yang dapat digunakan sebagai pedoman penanganan penyakit menular menurut skalanya yaitu:
• Instrumen Health Regulation tahun 2005 sebagai pedoman global
• Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 Tentang Wabah Penyakit Menular Sebagai Pedoman Nasional.

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here