Akses Trans Kalimantan yang Rusak, Makin Sulitkan Masyarakat Bentian Besar di Tengah wabah Covid-19

0
1305

Nampak Truck Besar Bermuatan Kayu Log Di Jalan Trans Kalimantan Yang Berlumpur.

Penasatu.com, Kutai Barat – Wabah virus Corona (covid-19) telah menelan korban ribuan orang di belahan dunia, termasuk Indonesia yang sudah mengalami kenaikan dan sekarang pada posisi 1046 pasien positif terinfeksi covid-19 di seluruh Indonesia.

Ini berdampak pada keresahan masyarakat terutama yang ada di wilayah jauh dari pusat kota, seperti yang ada di Kecamatan Bentian Besar Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur. Yang akses menuju Ibukota Kabupaten sangat jauh dan terkendala dengan jalan yang rusak dan berlumpur.

Seperti dilaporkan perwakilan penasatu.com untuk Kubar Mahulu dari jalan trans Kalimantan yaitu jalan poros yang menghubungkan Kubar Kaltim dengan Provinsi Kalimantan Tengah.

Warga di sembilan kampung yang bertempat tinggal diwilayah Kecamatan Bentian Besar, merasa was was saat melintas di jalan yang rusak. Apa lagi pada saat musim hujan, jalan tersebut berlumpur dan berlobang kini kondisinya semakin parah.

Pasalnya, ditengah wabah virus corona sekarang dengan kondisi jalan yang rusak parah itu, akan mengakibatkan terkendalanya warga yang akan di rujuk ke Rumah Sakit Harapan Insan Sendawar bila ada yang positif covid-19.

Jalan yang rusaknya diakibatkan lalu lalang truk-truk pengangkut kayu dan truck pengangkut buah sawit. Serta janji yang tak kunjung dipenuhi oleh Pemerintah maupun pihak pengembang kawasan wilayah daerah tertinggal Provinsi maupun Pusat.

“Kerusakan akses trans kalimantan antar Kaltim dan Kalteng ini, masuk dalam wilayah Bwntian Besar Kubar, seperti warga kampung Dilang Puti, Jelmu Sibaq, Penarung, Randa Empas, Sambung, Suakong, Tende, dan Tukuq, yang sangat mengharapkan ada perbaikan jalan,” ungkap Yulius Stanley warga Bentian Besar, Jumat (27/3/2020).

Ia menyebut kerusakan parah akses trans Kalimantan disebabkan oleh angkutan kendaraan besar yang bermuatan berat. Parahnya lagi saat ini kata dia, selain kendaraan besar, angkutam umum, setiap hari akses itu dilintasi oleh kendaraan angkutan kayu loging.

“Setiap hari truk dan loging bermuatan kayu log melintasi akses trans Kalimantan di kawasan Bentian Besar. Karena banyak sawmill dan bandsaw (pabrik penggergajian kayu log) disini pak,” bebernya.

Di konfirmasi terpisah, Ketua Umum Asosiasi Jurnalis Kutai Barat-Mahakam Ulu (AJK) Alfian Nur SE, membenarkan kondisi akses trans Kalimantan di perbatasan Kaltim-Kalteng itu saat ini mengalami kerusakan sangat parah.

“Dalam pantauan kami (AJK) bulan lalu, benar sekali kerusakan parah akses trans Kalimantan di Kecamatan Bentian Besar hingga kawasan Lampeyong, Barito Utara. Apabila ada yang sakit parah atau akan melahirkan, hanya dengan bantuan puskesmas terdekat, karena menuju rumah sakit kabupaten sangat jauh, ditambah kondisi jalan rusak parah,” tukasnya.

Sementara Sekretaris AJK Imran Yusran SP juga mengatakan, masyarakat sembilan kampung wilayah itu mengalami kesulitan karena akses itu rusak parah. Ia menyebut, akses itu manjadi agenda besar bagi Pemprov Kaltim.

”Sepengetahuan kita, akses itu sudah puluhan tahun tak kunjung diperbaki. Warga kesulitan saat akan berobat atau ingin mendapatkan sembako. Karena harus melintasi akses yang nyaris tak layak pakai itu,” pungkasnya.

Wartawan : Ichal.

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here