Liputan Khusus : Sholat di Masjid Nabawi, Jamaah Umroh WAW Berkesempatan Ziarah di Makam Rasulullah dan Baqi’

0
1161

Makam Rasulullah Muhammad SAW

Penasatu.com, Madinah – Setelah selesai  menjalankan sholat subuh berjamaah di Masjid Nabawi, hari ini (Minggu, 16/2/20) rombongan umroh WAW berkesempatan untuk berziarah di makam Rasulullah Nabi Muhammad SAW dan Sahabatnya.

Makam Rasulullah yang juga masih terletak didalam kawasan Masjid Nabawi (Kubah Hijau) ini selalu mendapat perhatian khusus bagi umat muslim yang datang di kota Madinah. Karena selain Rasulullah juga ada dua sahabat yang dimakamkan bersebelahan dengan Beliau, yaitu Abu Bakar Sidiq dan Umar Bin Khattab

Ribuan orang memadati masjid Nabawi setiap waktu sholat

Seperti terlihat sebelum melewati makam Nabi Muhammad SAW dan sahabatnya ada satu tempat berdoa paling mustazab yang ada di Masjid Nabawi yang terletak di kota Madinah.

Adalah Raudhah salah satu tempat yang paling dianjurkan untuk diziarahi dan tempat dimana terkabulnya doa-doa adalah. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) pernah bersabda, “Di antara rumahku dan mimbarku adalah taman-taman surga dan mimbarku berada di atas telagaku.” (Muttafaq Alaihi).

Sebagaimana Masjidil Haram, Masjid Nabawi memiliki keutamaan yaitu melipatgandakan ganjaran shalat bagi mereka yang shalat di dalamnya. “Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih baik daripada 1000 shalat di tempat lain, kecuali di Masjidil Haram.” (HR. Muslim).

Sementara Masjid Nabawi sendiri adalah salah satu dari Masjid terbesar di dunia setelah Masjidil Haram di Makkah Al Mukaromah, karena dapat menampung 1,8 juta jamaah di dalamnya.

Pada saat sholat lima waktu setiap harinya ada puluhan ribu bahkan bisa ratusan ribu orang datang sholat berjamaah di masjid Nabawi ini.

Kegiatan kemudian dilanjutkan mengunjungi Jannatul Baqi’ yang merupakan pemakaman utama yang terletak di Madinah, Arab Saudi. Pemakaman ini menjadi salah satu pemakaman termasyur dalam sejarah Islam, mengingat banyak orang dekat Nabi Muhammad SAW yang dimakamkan di Baqi’.

Makam Putra Rasulullah , Ibrahim di Baqi’.

Di sini, (Baqi’)terdapat sekitar 10 ribu orang sahabat Nabi yang dimakamkan termasuk para keluarga Rasulullah sendiri, sehingga pemakaman ini sangat dimuliakan. 

Baqi’ berada bersebelahan dengan kawasan Masjid Nabawi, dan selalu dikunjungi ribuan umat muslim bila datang di Kota Madinah ini. Dan tempat ini berjarak hanya sekitar 300 meter dari tempat menginap para jamaah WAW di Kota Haram Madinah.*
Oleh : Eddy bpn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here