5 Hektar Pesisir Pantai Dipenuhi Sampah, Kelurahan Damai Bersama PUPR Lalukan Pembersihan

0
32 views

Balikpapan, penasatu.com -Pesisir pantai yang berada di belakang hotel Dusit kelurahan Damai sebelum dibersihkan kondisinya begitu kotor penuh berbagai macam sampah yang berserakan.

Melihat kondisi pantai yang berada di Rt 1 dan 16 yang penuh sampah tersebut, pihak kelurahan Damai tergerak melakukan pembersihan pantai.

Namun pihaknya sebelum melakukan pembersihan tetap melakukan koordinasi dengan pihak terkait diantaranya kecamatan, DLH dan pihak terkait lainnya agar proses pembersihan pantai bisa berjalan lancar.

“Sampah yang ada di pesisir menumpuk, dan kita ambil inisiatif. Kalau sampah ini dikerjakan dengan tenaga manusia tidak mampu. Dan saya berinisiatif lapor DLH ke kecamatan, terutama pak camat saya sudah lapor dan instansi terkait,”jelas Kasi Trantib Kelurahan Damai Sutarto Kamis (23/9).

Untuk mempercepat pengerjaan, agar sampah bisa bersih maka pihak kelurahan Damai meminta bantuan dari Dinas PUPR kota Balikpapan.

“Pembersihan kemarin sehari penuh, sudah maksimal mungkin hari Minggu akan mengadakan Kerja Bakti Massal baik organisasi kemasyarakatan maupun LPM semua kita rangkul, terutama dari RT 1 dan Rt 16,”tambah Sutarto.

Setelah dilakukan pembersihan dari hari Rabu kemarin, kini kondisi pantai seluas 5 hektar tersebut sudah lumayan bersih dengan dikerjakan oleh dua excavator dari PUPR.

Sutarto tambahkan, untuk lokasi pantai yang terletak di Rt 1 dan Rt 16 tersebut merupakan wilayah laut, jadi belum ada yang memiliki.”Kemarin dua eksavator, terus dari pihak kelurahan saya pak lurah sama staf staf kita turun,”tambahnya.

Setelah dilakukan pembersihan, dirinya sampaikan hasilnya lumayan memuaskan dan kondisi pantai sudah terlihat bersih bila dibandingkan dengan sebelumnya.

“Hasilnya sangat memuaskan, dibandingkan dengan tenaga manusia yang lalu lalu. Kemarin kita kerjasama dengan PUPR, tapi saya juga melewati DLH, Disperkim, kecamatan. Pasti saya utamakan dulu, koordinasi selalu,”pungkasnya.(*/eds)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here