1000 Personil Gabungan Amankan Perayaan Paskah Di Manggarai Barat, Kapolres: Saya Monitoring Langsung

0
168 views

Manggarai Barat, Penasatu.com– Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat bersama Stakeholder siap kerahkan 1000 personil gabungan guna mengamankan Gereja -gereja bagi kenyamanan dan keamanan Umat Kristiani dalam jalannya perayaan Paskah, Minggu 4 April 2021 mendatang di wilayah hukum kabupaten Manggarai Barat.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., mengatakan, Memasuki masa persiapan Perayaan Paska, 1000 Personil gabungan Polres Mabar terdiri dari, TNI, Polri, Brimob, POLPP dan Perhubungan, untuk mengamankan situasi dan kondisi, mulai hari ini sampai perayaan paska pada minggu 4 april 2021, ungkap Kapolres dihadapan awak media, Kamis (1/4/21).

Mulai hari ini, terang Kapolres, yaitu memasuki Perayaan Kamis putih, seluruh person sudah kita sebar di 14 titik. Dan saya monitoring langsung. Khususnya dalam wilayah kota Labuan Bajo, seperti Gereja Roh Kudus Labuan Bajo, Gereja Wae Kesambi, dan Gereja Marombok, situasi aman dan kondusif, ujar Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., menjelaskan, Terkait teknis pelaksanaannya, nanti akan dilaksanakan dengan dua cara, Kita melaksanakan pengamanan di lokasi gereja, berikutnya kita melaksanakan juga kegiatan patroli.

Patroli bertujuan untuk mensterilkan situasi dan kondisi, umat yang mengarah ke gereja dan untuk memberikan kepastian keamanan kepada jemaat yang akan melaksanakan ibadah. Dan untuk jumlah secara keseluruhan, itu tergantung rencana kebutuhan kita,” ungkapnya.

Soal pengamanan di gereja, dia mengatakan, melihat skala prioritasnya, yakni gereja-gereja yang memiliki jemaat dengan jumlah banyak, jelas Kapolres.

Dia menghimbau, kepada seluruh masyarakat Manggarai Barat yang akan melaksanakan kegiatan keagamaan, agar tidak khawatir dalam melaksanakan ibadah Paskah, Sebab, pihaknya akan melakukan pengamanan, dan harus mengikuti protokol covid-19

Yaitu, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan handsenitaiser, untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, sesuai dengan instruksi Kapolri, tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Vikep Paroki Rohkudus Labuan Bajo Mengtakan, Romo Selfi, mengatakan, Untuk perayaan Paska 2021 ini, mulai hari kamis hari ini, terkait protokol kami sudah siapkan, mulai dari tempat mencuci tangan, mulai dari pintu masuk, dan juga dilengkapi dengan handsanitaiser dan umat harus bermasker.

Terkait keamanan,kami dibantu dari Pihak TNI,POLRI, dan Forkopimda dan kami yakin dan percaya, dengan terlibatnya semua unsur dalam mengamankan dan menertibkan pada masa prapaska ini,pasti akan berjalan dengan baik, lancar adanya, tandas Romo Selfi.

Romo selfi juga menghimbau kepada seluruh umat, untuk tetap tenang. Jangan perna kwatir terkait keamanan, karena pihak TNI dan POLRI unsur lainnya akan selalu siap.siaga dalam mengamankan situasi dalam perayaan paska pada Mnggu 4 April 2021,tutupnya.(*)

Reporter: Alfonsius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here