Bandara APT Pranoto Beroperasi Bandara SAMS Sepi

0
1260

Penasatu.com, Balikpapan – Tidak dipungkiri dengan telah beroperasinya Bandara APT Pranoto Samarinda berdampak dengan agak sepinya aktifitas di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan itu berimbas dengan penurunan Pendapatan Daerah dari pajak tarif parkir Bandara SAMS Balikpapan dari biasanya.

Dampak tersebut dirasakan sejak beroperasinya Bandara APT Pranoto Samarinda yang menyebabkan Pendapatan Daerah Balikpapan dari pajak parkir bandara hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut, Walikota Balikpapan Rizal Effendi menjelaskan, pajak parkir yang diterima setiap bulan dari Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan saat ini mengalami penurunan secara drastis hingga mencapai 50 persen. Ini terjadi setelah mulai beroperasinya Bandara APT Pranoto, di Samarinda, pungkasnya.

Sejak beroperasinya APT Pranoto pada pertengahan tahun 2018 tahun lalu, bandara tersebut menyedot pendapatan hasil pajak parkir di bandara Balikpapan.

Besaran kisaran penurunan pendapatan ujar Rizal, dari biasanya yang bisa mencapai Rp 1 miliar, saat ini hanya berkisar Rp 500 juta. Ia pun mengeluhkan anjloknya pendapatan Balikpapan.

Menurut Rizal, Bandara APT Pranoto telah menggerus penumpang pesawat yang hendak bepergian keluar daerah/kota yang biasanya melalui Bandara Sepinggan. Dengan beroperasinya bandara di Samarinda itu, mengakibatkan penumpang pesawat di Balikpapan menurun, saat ini ujarnya, ia berharap agar Proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda segera rampung dan beroperasi. Sebab, lanjutnya, jalan tol tersebut nantinya diyakini dapat menggairahkan kembali aktifitas di bandara, terutama disektor parkiran Bandara Sepinggan.

Karena jalan tol dapat memangkas waktu perjalanan dari Samarinda ke Balikpapan hingga satu jam. Dari yang sebelumnya jarak tempuh saat ini, 2-3 jam.

“Jalan tol itu penting. Masyarakat Samarinda yang mau ke Balikpapan kan bisa cepat. Kalau lewat tol, satu jam perjalanan sudah sampai,” katanya.

Jadi dengan beroperasinya Tol Samarinda-Balikpapan nanti bisa mendongkrak pendapatan daerah di Balikpapan.*RIEL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here