Balikpapan Fest 2024 Digelar, Disporapar Optimis Target Pendapatan Rp4 Miliar Tercapai

0
12

Balikpapan,Penasatu.com – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan kembali menggelar Balikpapan Fest 2024, sebuah acara tahunan yang diselenggarakan di BSCC Dome dari tanggal 26 hingga 29 September. Tahun ini, acara tersebut mengusung tema “Nusantara Kreatif,” yang bertujuan untuk menampilkan kolaborasi budaya daerah di Kota Balikpapan sekaligus mendukung perkembangan wisata ekonomi kreatif serta memajukan Nusantara.

Kepala Disporapar Balikpapan, Ratih Kusuma, menjelaskan bahwa tema tersebut diangkat untuk memperlihatkan keberagaman budaya yang harmonis di Balikpapan. Selain itu, Balikpapan Fest juga bertujuan menjadi platform yang mendukung para pelaku ekonomi kreatif dalam memperkenalkan karya dan produk mereka kepada masyarakat luas.

“Kegiatan Balikpapan Fest kali ini adalah yang kelima kalinya diadakan di Kota Balikpapan. Dengan tema ‘Nusantara Kreatif’, kami ingin menunjukkan bagaimana budaya yang ada di kota ini bisa berkolaborasi dengan harmonis, sekaligus meningkatkan sektor ekonomi kreatif lokal,” ujar Ratih, Senin (22/9/2024).

Acara ini diharapkan mampu menarik sekitar 20.000 pengunjung dengan target pendapatan mencapai Rp4 miliar selama empat hari pelaksanaannya. Adapun anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan ini mencapai Rp591 juta. Selain menampilkan seni dan budaya, festival ini juga menyertakan berbagai sektor industri kreatif, seperti pelaku usaha kecil menengah (UKM), seni rupa, kerajinan tangan, dan kuliner lokal.

Balikpapan Fest 2024 menyediakan 98 tenan yang akan diisi oleh para pelaku industri kreatif dan usaha lokal untuk memamerkan produk mereka. Ratih menjelaskan bahwa tujuan dari acara ini adalah memberikan ruang kepada pelaku seni, budaya, dan usaha lokal agar bisa lebih dikenal masyarakat, serta menciptakan kolaborasi lintas sektor.

“Kami memberikan ruang kepada para pelaku seni, budaya, serta pengusaha lokal untuk menampilkan produk mereka. Selain itu, kami juga menekankan pentingnya menjaga keberagaman budaya di Kota Balikpapan dan menjadikannya sebagai modal utama untuk memperkuat wisata ekonomi kreatif di kota ini,” tambah Ratih.

Acara ini tidak hanya menampilkan pameran ekonomi kreatif, tetapi juga menyuguhkan berbagai pertunjukan seni budaya dan olahraga tradisional yang melibatkan masyarakat lokal. Balikpapan Fest 2024 diharapkan dapat mempererat hubungan antarbudaya dan menjadi ajang yang memperkuat kesadaran akan pentingnya melestarikan budaya lokal.

“Kami ingin Balikpapan Fest menjadi ajang untuk memperkenalkan potensi kota ini kepada masyarakat luas, sekaligus memberi kesempatan kepada pelaku industri kreatif untuk menunjukkan karyanya. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis,” tutup Ratih. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here