Duta Pepelingasih 2024, Ajang Muda-Mudi Inspiratif Penggerak Kesadaran Lingkungan

0
12

Balikpapan,Penasatu.com – Grand Final Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) 2024 sukses digelar di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC/Dome), Minggu (29/9/2024).

Sebanyak 10 finalis Duta Pepelingasih yang terdiri dari pemuda-pemudi inspiratif menunjukkan komitmennya dalam menyebarkan kesadaran lingkungan dan sosial di tengah masyarakat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Balikpapan Fest (Bpn Fest) 2024, dengan mengusung tema One Small Action Has a Big Impact.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma.

Dalam sambutannya, Ratih menyampaikan apresiasinyax kepada seluruh panitia penyelenggara event Duta Pepelingasih 2024 yang digelar bersamaan dengan kegiatan Balikpapan Fest 2024.

Ratih menerangkan bahwa BPN Fest 2024 merupakan salah satu event dari lima ribu event yang ada di Indonesia yang lolos dalam kategori 100 event.

“Pada kegiatan ini kami mengangkat kearifan lokal nusantara dengan mengajak seluruh masyarakat khususnya di Balikpapan, sehingga kegiatan pemilihan ini kami jadikan satu dalam Balikpapan Fest 2024 ini,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Duta Pepelingasih ini sudah terbentuk di kota Balikpapan sejak tahun 2017 dan hingga saat ini sudah berjalan selama tujuh tahun.

“Artinya keberadaan Duta Pepelingasih ini sangat membantu tugas-tugas kami dalam menyampaikan informasi dan membantu mengedukasi masyarakat tentang menjaga lingkungan,” ungkapnya.

Ratih juga mengatakan, para finalis Duta Pepelingasih 2024 telah melalui serangkaian seleksi, mulai dari seleksi tertulis, wawancara, serta presentasi green project, sehingga terpilihlah 10 finalis terbaik di kota Balikpapan.

Dia menambahkan, bahwa kota Balikpapan terkenal sebagai kota yang bersih se-Indonesia dan dalam sektor pariwisata telah meraih penghargaan Asean Clean Tourist City Award dalam Asean Tourism Awards tahun 2024.

“Tentu semua itu hasil kolaborasi dari anak-anak mudanya, teman-teman di wisata, serta seluruh masyarakat yang ada di kota Balikpapan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu Ratih turut menyampaikan harapannya kepada finalis Duta Pepelingasih terpilih agar dapat menjadi promotor serta inovator dalam menyampaikan program-program terkait lingkungan.

Sementara itu, kegiatan dilanjutkan dengan penobatan juara Duta Pepelingasih 2024 yang jatuh kepada finalis putra, yakni Steve Geraldy Pala Langan, sedangkan pada finalis putri jatuh kepada Guidita Kireina. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here