Rapat Paripurna DPRD Balikpapan Tetapkan Unsur Pimpinan Periode 2024-2029, Adi: Ini Momen Istimewa

0
44

Balikpapan, Penasatu.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan menggelar Rapat Paripurna ke-23 Masa Sidang II Tahun 2024 dengan agenda pengangkatan unsur pimpinan untuk periode 2024-2029.

Rapat tersebut berlangsung di salah satu hotel di Kota Balikpapan, Selasa (15/10/2024), dan dihadiri oleh seluruh anggota DPRD 2024-2029 yang baru, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta sejumlah tokoh masyarakat.

Usai paripurna, politisi Partai Golkar, Fauzi Adi Firmansyah, yang juga anggota DPRD 2024-2029 Dapil Balikpapan Utara terpilih mengatakan, bahwa penetapan unsur pimpinan DPRD Kota Balikpapan adalah momen istimewa. “Hari ini adalah hari yang penting, di mana Ketua dan Wakil Ketua DPRD telah ditetapkan,” ujar Adi sapaan Fauzi Adi Firmansyah.

Penetapan pimpinan DPRD ini mengacu pada Keputusan Pj Gubernur Kalimantan Timur Nomor 100.1.4.2/404/B.POD.II/2024 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kota Balikpapan untuk periode 2024-2029. Dalam keputusan tersebut, Alwi Al Qadri ditetapkan sebagai Ketua DPRD, dengan Yono Suherman sebagai Wakil Ketua I, Muhammad Taqwa sebagai Wakil Ketua II, dan Budiono sebagai Wakil Ketua III.

Adi menjelaskan, setelah pengangkatan pimpinan, DPRD akan segera menyusun Alat Kelengkapan Dewan (AKD) untuk mendukung kinerja dewan secara efektif. “Penyusunan AKD sangat vital karena akan membantu memaksimalkan peran setiap anggota DPRD dalam menjalankan tugas pengawasan dan fungsinya,” ujarnya.

AKD yang akan segera dibentuk di antaranya adalah Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Badan Kehormatan, Badan Pembentukan Perda, komisi-komisi, serta panitia khusus. Adi berharap proses pembentukan AKD berjalan lancar dan segera selesai dalam satu atau dua hari ke depan. “Kami mohon doa agar semuanya berjalan lancar,” tandasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here