Pj Bupati PPU Luncurkan Gerakan Akselerasi “Beautifikasi Coastal Road”

0
3

foto, dok.Diskominfo PPU

Penajam,Penasatu.com – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Muhammad Zainal Arifin, resmi meluncurkan gerakan akselerasi Serambi Nusantara Beautifikasi Coastal Road, Sabtu (5/10/2024) pagi di Rumah Jabatan Bupati PPU.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perangkat daerah PPU, organisasi masyarakat, serta sejumlah perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, Zainal Arifin menyatakan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mempercantik dan memperindah kawasan coastal road, yang nantinya diharapkan bisa menjadi ruang interaksi publik bagi masyarakat PPU. Melalui kegiatan ini, berbagai pohon dan tanaman akan ditanam sepanjang 5,85 kilometer di sepanjang coastal road. Kawasan tersebut juga diproyeksikan sebagai lokasi untuk berolahraga dan berbagai kegiatan publik lainnya.

“Rumah jabatan ini akan menjadi ruang aspirasi dan interaksi, di mana masyarakat dapat benar-benar berbaur,” jelas Zainal Arifin.

Selain mempercantik kawasan pesisir, gerakan ini juga berfokus pada pemulihan lingkungan, pembersihan area, dan peningkatan kualitas lingkungan hidup. Zainal mengajak seluruh wilayah kelurahan, desa, serta sekolah-sekolah di PPU untuk memiliki kebun buah produktif, guna meningkatkan produktivitas lahan sekaligus memperluas tutupan hijau. Pemerintah Kabupaten PPU juga berkomitmen untuk menyediakan bibit buah produktif secara gratis untuk mendukung inisiatif ini.

“Bumi tempat kita bergantung ada di tangan kita. Kitalah yang harus menjaganya, memulihkannya, dan memperbaikinya,” tegasnya.

Gerakan ini sejalan dengan visi PPU sebagai Serambi Nusantara, yang kerap digaungkan oleh Zainal melalui slogan PPU Membara (Membangun Bersama Serambi Nusantara). Semangat ini diusung untuk mendorong masyarakat PPU berkolaborasi dalam membangun wilayah mereka, termasuk memulihkan lingkungan hidup yang lebih baik.

Dalam konteks ini, PPU diharapkan bisa mendahului penerapan konsep kota pintar berkelanjutan, sebagaimana digagas dalam proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai smart forest city.

“Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan bersama-sama memulihkan serta menjaga kualitas lingkungan hidup di sekitarnya,” tutup Zainal Arifin.(*)

sumber; penajamkab.go.id


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here