Dinsos Balikpapan Bangun Rumah Singgah, Penampungan Sementara Anjal dan Gepeng

0
49

Teks foto:Kepala Dinsos Kota Balikpapan Edy Gunawan

Balikpapan, Penasatu com -Dinas Sosial (Dinsos) Balikpapan tengah membangun Rumah Singgah yang nantinya digunakan bagi penyandang masalah sosial seperti Anak Jalanan (Anjal) maupun Gelandangan dan Pengemis (Gepeng).

Adapun, pembangunan Rumah Singgah tersebut berlokasi di kawasan Gunung Pasir, Balikpapan Kota.

Kepala Dinsos Kota Balikpapan Edy Gunawan menerangkan, progres pengerjaan pembangunan fisik Rumah Singgah sudah mulai berjalan dan telah mencapai 20 persen.

“Sudah mulai jalan pengerjaan fisiknya, DPU (Dinas Pekerjaan Umum, Red) yang mengerjakan, kami hanya mengusulkan saja, untuk anggarannya sekitar Rp200 juta lebih karena dibangun dari awal,” ujar Edy saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (26/9/2024).

Dia menyebut pembangunan Rumah Singgah nantinya akan berdiri dua lantai dan ditargetkan selesai akhir Desember 2024.

“Jadi nanti di lantai atas itu rumah penampungan, kemudian di bawahnya nanti dibuat gudang, kamar mandi juga di bawah,” urainya kemudian.

Lanjut Edy mengatakan, untuk saat ini Anjal yang ditertibkan belum memiliki tempat penampungan yang memenuhi standar, sehingga ketika ada Anjal yang dibawa ke Dinsos Balikpapan akan diberi binaan dan imbauan selama satu hari, kemudian dipulangkan.

Dengan demikian, adanya rumah singgah yang tengah dibangun ini dapat dimanfaatkan Dinsos Balikpapan untuk menampung sementara Anjal maupun Gepeng untuk selanjutnya diberikan binaan lebih mendalam.

Lanjut Edy menjelaskan, ketika pembangunan Rumah Singgah rampung, nantinya akan berbentuk ruangan dan belum terisi fasilitas seperti tempat tidur, lemari maupun dapur.

“Kalau mau kami ya sesuai layaknya rumah, tapi untuk sementara ini kalau sudah jadi akan berbentuk ruangan, karena kalau banyak (Anjal) ‘kan tidak mungkin juga di tempat tidur semua, apalagi tidak berlama-lama di sana,” tutup Eddy. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here