Hibur Pengunjung Pantai Segara Sari Manggar, DPOP Kembali Hadirkan Pesona Balikpapan

0
82

Teks : Penampilan tari budaya dari Sanggar Seni Mathilda Entertainment dalam kegiatan Pesona Balikpapan (ist)

Balikpapan,Penasatu.com -Pesona Balikpapan kembali hadir di Pantai Segara Sari Manggar dengan menyajikan pertunjukan seni tari yang menghibur para pengunjung pantai di wilayah Balikpapan Timur, Minggu (15/9/2024) sore.

Pesona Balikpapan kali ini mengusung tema Puspa Mutiara Kulen Papan. Suguhan hiburan dibawakan para penari Sanggar Seni Mathilda Entertainment yang tampil memukau para pengunjung pantai.

Program yang diinisiasi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Balikpapan.

Kegiatan ini merupakan sinergi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan mengadakan kegiatan seni dan atraksi, berkolaborasi dengan sanggar seni yang ada di Kota Balikpapan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala DPOP Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma.

Dalam sambutannya, Ratih menyampaikan, Pesona Balikpapan dihadirkan setiap bulannya untuk menyapa pengunjung dengan menampilkan karya dari sanggar seni yang ada di Kota Balikpapan.

“Pesona Balikpapan kami selenggarakan dan kami upayakan nanti hadir untuk menghibur pengunjung seluruh destinasi wisata di Balikpapan. Namun untuk saat ini kami dahului dari Pantai Segara Sari Manggar,” ujarnya.

Ratih menuturkan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan dan pendapatan dari sektor ekonomi kreatif, serta pendapatan retribusi khususnya Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Berdasarkan hasil survei Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenparekraf) bahwa peningkatan kunjungan tidak terlepas dari pertunjukan seni budaya, even yang diselenggarakan serta kuliner.

“Tiga hal tersebut yang menjadi daya tarik semua destinasi, baik yang ada di Kota Balikpapan maupun di Indonesia,” ucap Ratih.

Pada kesempatan itu, dia turut mengapresiasi Sanggar Seni Mathilda Entertainment yang telah menampilkan karya seni tarinya dalam kegiatan Pesona Balikpapan.

Dalam kesempatan yang sama, pemilik Sanggar Seni Mathilda Entertainment, yakni Muhammad Yusuf menjelaskan makna dari Puspa Mutiara Kulen Papan.

Yakni, merupakan sebuah karya seni yang menggambarkan dan mengartikan bahwa Balikpapan harum, rupawan, cantik dan mempesona bagaikan bunga, serta Balikpapan ibarat permata atau mutiara yang berharga yang selalu didamba oleh siapa saja.

“Balikpapan sebagai kota heterogen, memiliki ragam seni dan budaya, tumbuh kembang secara berdampingan yang melambangkan semangat bersatu mengisi pembangunan Kota Balikpapan yang bersih, Indah, aman dan nyaman. Itulah makna dari tema yang saya ambil,” urainya.

Yusuf menjelaskan, sebanyak 40 penari terlibat dalam kegiatan Pesona Balikpapan yang telah disiapkan satu bulan sebelumnya.

Dia turut menyampaikan apresiasinya kepada DPOP Balikpapan yang telah memberikan ruang untuk mengekspresikan karya seni dari Sanggar Seni Mathilda Entertainment.

“Saya mengucapkan terima kasih karena sudah diberikan kesempatan dalam agenda Pesona Balikpapan ini, kami bisa mengekspresikan jiwa seni kami dan kami bisa memberikan gambaran melalui karya seni ini kepada masyarakat Balikpapan,” katanya.

Melalui pertunjukan seni, dia berharap agar masyarakat, khususnya anak muda di Kota Balikpapan tidak meninggalkan tradisi dan budaya yang ada di tengah gempuran modernisasi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here