Digagas Taufik Putra Kilat, Wisata Kuliner Baru Ilir Dibuka Wali Kota Rahmad Mas’ud

0
33

Balikpapan,Penasatu.com – Menjadi pusat kawasan perekonomian sejak tempo dulu kecamatan Balikpapan Barat, kota Balikpapan Kalimanatan Timur terus berbenah diri dengan menjadi pusat kuliner di kota Beriman (Bersih Indah Aman dan Nyaman) sebutan kota Balikpapan.

Kehadiran wisata kuliner yang terletak di samping Plaza Kebun Sayur, Jalan Letjend Suprapto, Baru Ilir ini digagas Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Baru Ilir, Taufik Qul Rahman,SH yang karib disapa Taufik Putra Kilat tersebut dibuka langsung  Walikota Balikpapan H Rahmad Mas’ud SE didampingi istri tercinta Nurlena Rahmad, Jum’at (30/8/2024).

“Ya..ini dukungan kita (pemerintah) terhadap wisata kuliner yang ada di beberapa kawasan di Balikpapan, salah satunya di Balikpapan Barat,” ujar Rahmad Mas’ud.

Rahmad menyampaikan apresiasi terhadap LPM Baru Ilir, mengingat event dan wisata kuliner seperti inilah yang harus di tingkatkan sebagai wujud komitmen pemerintah mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Balikpapan.

“Kita sangat dukung, sebab itulah kami memberikan bantuan tenant untuk berdagang agar semuanya seragam. Dan untuk makanannya kita juga akan perhatikan kebersihannya agar masyarakat yang datang merasa nyaman,” imbuh Rahmad.

Ditempat yang sama, Taufik Qul Rahman, yang saatbini kembali terpilih untuk kedua kali di DPRD Balikpapan mengatakan, ada sebanyak 25 tenant yang disiapkan dikawasan centra kuliner Baru Ilir.

“Sebelumnya ada 15 unit tenant dan belum lama ini kami terima bantuan lagi 10 unit tenant dari Dinas Perdagangan (Disdag) yang kebetulan merupakan mitra komisi saya di DPRD Balikpapan,” bebernya.

Taufik menyebut, adanya wisata kuliner ini bertujuan menyasar pelaku UMKM  untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Balikpapan.

Karena dalam meningkatkan PAD tidak harus mengejar potensi PAD yang besar saja, seperti kuliner ini apabila bisa di kelola dengan baik, maka akan banyak menyumbang potensi PAD Balikpapan.

Selain itu, kata Taufik warga Balikpapan Barat yang menjadi mitra dari LPM Baru Ilir, perekonomiannya bisa sedikit meningkat.

“Jadi ini wisata kuliner malam, bukan pagi sampai sore, melainkan malam hari dan setiap malam akan dibuka, sehingga masyarakat yang ingin santai setelah pulang bekerja bisa datang kesini,” katanya.

“Kita juga siapkan hiburan setiap malamnya, kecuali di malam Jum’at. Dan hiburan yang kita siapkan live music atau akustikan,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here