Pemkab PPU Akan Gelar Festival Harmoni Budaya Nusantara 2024

0
167

Foto, istimewa.

Penajam, penasatu.com – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun memimpin langsung rapat persiapan kegiatan Festival Harmoni Budaya Nusantara Tahun 2024 yang akan berlangsung pada tanggal 5-7 September 2024.

Rapat berlangsung di ruang Rapat Kantor Bupati Penajam Paser Utara, kecamatan Penajam, Kamis 25 Juli 2024 kemarin.

Dimana penyelenggaran Festival Harmoni Budaya Nusantara tersebut akan berlangsung di Alun alun Taman Penyembolun Pemerintah Kabupaten PPU, kecamatan Penajam.

Dalam arahannya, Pj Bupati PPU, Makmur Marbun menegaskan bahwa, kegiatan bersekala nasional ini akan langsung ditangani nya sendiri. 

“Mengingat pentingnya kesuksesan acara ini sehingga harus diselenggarakan secara profesional,” tegasnya.

Dirinya berharap pada saat berlangaungnya festival ini banyak orang datang. 

“Nanti seluruh PHRI akan saya undang. kami punya UMKM sangat banyak, ada 600 pelaku UMKM dan semua sudah maju yang nantinya kita tata dengan baik,” ucapnya

“Agenda besar ini diharapkan dapat mengangkat perekonomian daerah, khususnya Kabupaten PPU. Untuk itu, semua harus dipersiapkan dengan matang sehingga agenda dapat terlaksana dengan baik dan meriah,” imbuhnya.

Festival Harmoni Budaya Nusantara Tahun 2024 mengusung tema “Merajut Persatuan dalam Keberagaman,” yang bermakna sebagai upaya untuk menciptakan keselarasan, persatuan, dan penghargaan antara berbagai budaya yang ada dalam suatu masyarakat yang beragam. 

Tahun 2024 juga merupakan tahun pertama perpindahan pusat pemerintahan ke Ibukota Nusantara yang akan menjadi muara berbagai budaya.

Festival ini bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan Budaya Nusantara, memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman budaya.

Untuk mendorong kreativitas dan inovasi dalam seni dan budaya, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan potensi pariwisata serta ekonomi kreatif.

Kegiatan juga akan dimeriahkan dengan pagelaran budaya, pawai budaya, diskusi budaya, bazar, workshop, pertunjukan seni dan film, serta berbagai fasilitas pelayanan publik yang disediakan di arena festival.

Persiapan festival berskala nasional ini dihadiri oleh perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia dan perangkat daerah PPU.(*)

Sumber: penajamkan.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here