Lahan Hibah di Kubar, Untuk Pengembangan Satuan Baru Kodam VI Mulawarman

0
807
Kasum TNI. letjen Joni Supriyanto didampingi Kasdam VI/Mlw dan Direksi Gunung Bayang Pratama Coal memasang plang pada tanah hibah.

Penasatu.com, Balikpapan  – Masih dalam kunjungan kerja di Provinsi Kalimantan Timur Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.  Letjen TNI. Joni Supriyanto melakukan kunjungan ke wilayah Kabupaten Kutai Barat dalam rangka menerima hibah tanah untuk  Mabes TNI dari PT. Gunung Bayan Pratama Coal, Minggu (16/6/2019). 

Untuk rencana strategis Mabes TNI ke depan, hibah lahan di Kampung Muara Tae, Kecamatan  Jempang Kabupaten Kutai Barat  akan digunakan untuk pengembangan satuan baru di wilayah Kodam VI/Mulawarman ,  yaitu Batalyon Infanteri 615. 

Kasum TNI. Letjen TNI Joni Supriyanto mendapatkan penjelasan Direksi PT.Gunung Bayan.

Ditambahkannya, pembangunan satuan baru di daerah Kutai Barat yang relatif dekat dengan perbatasan Indonesia dan Malaysia diharapkan dapat membantu pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk mempercepat pembangunan di daerah terluar  khususnya yang ada di wilayah Kutai Barat yang merupakan salah satu daerah perbatasan di Propinsi Kalimantan Timur, ujar Joni Supriyanto.

“Selain itu pembangunan satuan baru Batalyon Infanteri 615 nantinya akan  memiliki peran strategis. Sebagai  implementasi program pemerintah membangun daerah terpencil serta untuk mendukung tugas pokok TNI dalam menjaga kedaulatan Negara,” imbuhnya.

Masih kata Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, bahwa  untuk rencana pengembangan satuan ke depan diperlukan perencanaan berkaitan dengan pembangunan sarana prasarana dan fasilitas untuk personel satuan berupa perumahan prajurit serta sarana latihan untuk peningkatan profesionalisme prajurit yang memerlukan lahan sesuai standar prototype satuan tempur.

“Saya harap pengembangan satuan TNI AD tersebut nantinya  bisa diikuti dengan pengembangan infrastruktur masyarakat oleh pemerintah daerah serta membuka daerah-daerah yang terpencil untuk memudahkan distribusi barang dan jasa yang berdampak pada  meningkatnya kesejahteraan masyarakat di sekitar satuan TNI AD,” kata Jendral tiga bintang ini.

Bersamaan dengan kegiatan kunjungan kerja tersebut juga dilaksanakan peninjauan lapangan secara langsung untuk lokasi lahan yang akan dihibahkan sekaligus pemasangang plang tulisan menandakan lahan telah dihibahkan kepada Mabes TNI.

Turut dalam kunjungan kali ini, Kasum TNI didampingi Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Richard Tampubolon  dan Waasops Panglima TNI serta pejabat terkait dari Mabes TNI dan Kodam VI/Mulawarman.*

Sumber : Pendam VI/Mulawarman.

Editor : pena1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here