Balikpapan Timur Akan Punya Rumah Sakit Tipe D, dr.Andi Sri: Dibangun Di Lahan Puskesmas Lamaru

0
391

dr.Andi Sri Juliarti Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan.

Balikpapan, penasatu.com -Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan berencana membangun Rumah Sakit di wilayah Balikpapan Timur, hal tersebut sebagai upaya Pemkot Balikpapan dalam melakukan pemerataan pembangunan terutama mengenai kesehatan masyarakat agar tidak terfokus di kota saja.

Dan rencananya program pembangunan Rumah Sakit tersebut menjadi prioritas. “Memang pembangunan Rumah Sakit di Balikpapan Timur merupakam program prioritas dari Pak Wali kota Rahmad Mas’ud untuk meratanya pelayanan kesehatan masyarakat di Balikpapan timur, selain rumah sakit yang ada di Balikpapan Barat,”kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Dokter Andi Sri Juliarty Senin (27/8/21).

Andi Sri Juliarty jelaskan, untuk lahan sendiri rencana pembangunan Rumah Sakit baru yaitu berada di lokasi yang sudah tersedia, tepatnya lahan yang sekarang ditempati gedung Puskesmas Lamaru, Balikpapan Timur.

“Jadi di lokasi puskesmas Lamaru saat ini akan dibangun rumah sakit tipe D, puskesmas tetap harus ada juga disetiap wilayah kelurahan, nanti puskesmas Lamaru yang akan direlokasi,” imbuhnya.

Dia juga sampaikan, bahwa program pembangunan Rumah Sakit memang merupakan prioritas dari Wali Kota Balikpapan namun dan tidak bisa dengan cepat langsung dibangun, saat ini masih dalam studi kelayakan oleh Bappeda.

“Ada tahapan yang harus dilakukan, kemudian bangunan Puskesmas Lamaru yang ada sekarang itu juga sudah memenuhi syarat untuk menjadi bagian depannya rumah sakit karena masih bangunan baru yang direhap total,”Jelas dr Dio sapaan akrab Kadiskes Kota Balikpapan.

Dirinya tambahkan masih banyak tahapan yang harus dilakukan termasuk dalam pembangunan fisiknya.

“Kita tunggu saja dari Bappeda karena studi kelayakan mereka yang lakukan dan setelah itu bisa saja pembuatan DED nya, amdal dan masterplan, sehingga banyak tahapan yang harus dilalui sebelum pembangunan fisiknya,”pungkasnya.(*/EDS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here