Waspada Jebakan Pinjol, H.Laisa: Sebaiknya Lakukan Pinjaman Melalui Bank

0
48

Balikpapan, Penasatu.com – Meski pemerintah telah memblokir sejumlah aplikasi Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal. Namun kenyataannya pinjol Ilegal masih saja memakan korban.

Foto, Ketua Komisi I DPRD Kota Balikpapan H Laisa Hamisa

Seperti yang dialami seorang warga Kota Balikpapan berinisial NR yang tanpa sengaja terjerumus kedalam lingkaran Pinjol ilegal.

“Waktu itu pagi-pagi saya terima pesan singkat berupa SMS yang didalamnya terdapat sebuah link atau tautan,” akunya.

Dengan kondisi mata yang masih mengantuk, tanpa sadar NR membuka link tersebut, saya foto KTP saya.

“Ya..namanya mata masih ngantuk, karena pulang kerja larut malam. Foto KTP saya tertidur kembali. Pas bangun tidur dapat pemberitahuan melalui sms Banking yang memberitahukan ada sejumlah uang masuk dalam rekening,” katanya.

“Sempat mikir dapat durian runtuh.. Koq ada yang ngirim duit hampir 10 Juta, tapi setelah beberapa hari dapat pesan SMS masuk, kalau ada tagihan pinjaman yang akan jatuh tempo, saya kaget lah..ternyata link yang saya isi tersebut ternyata Pinjol,” ujarnya mengisahkan.

Dirinya tidak mengira sama sekali, dalam sekali mengisi data diri melalui link yang tercantum dalam SMS tersebut dapat terkoneksi dengan 10 aplikasi Pinjol.

“Ternyata setiap satu aplikasi saya dapat pinjaman sebesar 1 juta dan harus dilunasi dalam 7 hari dengan jumlah 1,8 Juta. Terus kalau 10 aplikasi gimana saya mau bayar.. Yang ada saya gali lobang tutup lobang,” bebernya.

Menanggapi kejadian tersebut, Ketua Komisi I DPRD Kota Balikpapan H Laisa Hamisa menghimbau agar warga Balikpapan lebih berhati-hati dalam menerima sebuah pesan singkat yang didalamnya terdapat sebuah link atau tautan.

Pasalnya, cara kerja sebuah aplikasi Pinjol sudah mulai berubah, yakni melalui pesan singkat berupa SMS atau sejenisnya.

“Kalau aplikasi kan mereka sudah di blokir Pemeintah, tapi kalai melalui SMS masyarakat bisa saja terjebak,” katanya.

“Sebaiknya masyarakat bertanya terlebih dahulu sebelum membuka link yang masuk kedalam SMS, jangan sampai terjebak dengan pinjol. Alangkah baiknya kalau mau melakukan pinjaman dengan datang ke Bank,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here