Study Banding Tentang Kearsipan, DPRD Banjar Berkunjung Ke DPRD Balikpapan

0
10 views

Balikpapan, Penasatu.com – Arsip setiap daerah menjadi satu hal yang sangat penting. Pasalnya arsip merupakan dokumen negara yang memang harus dijaga keberadaannya.

Bahkan, kearsipan dikota Balikpapan menjadi contoh bagi daerah lain yang ingin mengetahui sejauh mana tentang pengarsipan dokumen negara dikota minyak ini.

Sebab itulah, DPRD Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) mendatangi DPRD Kota Balikpapan untuk melakukan sharing tentang kearsipan yang ada.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Banjar Kamaruzzaman mengatakan kunjungannya ke DPRD Balikpapan ingin mengetahui sejauh mana kearsipan yang dilakukan kota Balikpapan.

Menurut dirinya, secara umum kearsipan di Balikpapan yang bersifat administratif tersimpan selama 2 Tahun akan diserahkan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Balikpapan.

Sementara untuk dokumen-dokumen lain yang sudah berada sekitar 5 tahun baru kemudian diserahkan ke dinas kearsipan.

“Jadi apa yang tadi sudah dijelaskan oleh bagian humas DPRD Balikpapan, kita bisa melihat beberapa perbedaan yang ada di kota Balikpapan dan Kabupaten Banjar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kamaruzzaman menambahkan perbedaan kearsipan di Balikpapan dengan Kabupaten Banjar. Dimana kabupaten Banjar sendiri dalam pengelolaan arsip yang begitu panjang.

Bahkan, arsip di Kabupaten Banjar terlebih dahulu di dokumen kan, kemudian setelah 5 tahun baru diserahkan ke Dinas Kearsipan kabupaten Banjar.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here