Sepeda Listrik Diminati Anak-Anak, Ardiansyah Imbau Orang Tua Tingkatkan Pengawasan

0
45

Balikpapan, Penasatu.com – Keberadaan Sepeda Listrik saat ini mulai digandrungi warga masyarakat, baik anak-anak hingga dewasa. Bahkan saat ini penggunaan sepeda listrik sudah banyak digunakan hingga ke jalan raya yang padat arus lalu lintasnya.

Oleh karena itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan Ardiansyah menghimbau agar para orang tua dapat memperhatikan anak-anaknya saat menggunakan sepeda listrik.

“Ya…disini saya hanya menghimbau kepada orang tua agar memperhatikan anak-anaknya saat menggunakan sepeda listrik. Jangan sampai anak-anak bermain sepeda listrik hingga ke jalan raya,” ucapnya, Kamis (24/11/2022).

Ia menambahkan, sejauh ini belum mengetahui sejauh mana regulasi undang-undang penggunaan sepeda listrik di jalan raya. Pasalnya sepeda listrik tidak memiliki Nomor Kendaraan (Plat).

Dikatakan dirinya, jika memang tidak ada regulasi aturan untuk sepeda listrik, maka harus dibuatkan aturannya. Karena menurut dirinya tidak mungkin sepeda listrik menggunakan aturan untuk kendaraan mesin.

“Kalau dari kecepatan, sepeda listrik memang berbeda dengan sepeda pada umumnya, tapi harus juga ada regulasi perundang-undangannya, apa sudah diatur atau tidak. Jangan sampai terjadi accident baru dibuatkan aturan,” ungkapnya.

“Seharusnya Dinas Perhubungan (Dishub) bisa berkoordinasi dengan Pihak Kepolisian untuk membahas seperti apa aturannya. Karena anak-anak yang menggunakan sepeda listrik, mereka tidak menggunakan helm keselamatan. Tentu saja itu sangat berbahaya,” sambungnya.

“Kalau sepeda listrik digunakan di area perkampungan atau komplek perumahan itu masih tidak masalah. Tapi kalau sudah digunakan di jalan raya, pastinya harus ada aturannya,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here