Sekolah Melarang Bawa Lato-Lato, Ini Penjelaskan Kadisdikbud Kota Balikpapan

0
112

Balikpapan, Penasatu.com – Permainan Lato-Lato kini banyak digemari anak-anak Sekolah Dasar (SD). Sangking serunya bermain Lato-Lato, permainan ini sampai dibawa hingga ke Sekolah.

Meskipun terdapat sekolah yang melarang muridnya membawa Lato-Lato ke sekolah lantaran suaranya yang dianggap berisik. Namun pandangan berbeda disampaikan Kadisdikbud Kota Balikpapan Purnomo saat dijumpai awak media di Aula Pemkot Balikpapan, Rabu (11/1/2023).

“Terkait Lato-lato..itu kan permainan anak-anak. Dan sampai sekarang pun saya belum mengeluarkan perintah untuk melarang,” ucapnya.

Purnomo menuturkan, apa yang disampaikannya kepada pihak sekolah, hanya meminta agar anak-anak harus bisa menempatkan diri agar bermain disaat tidak ada kegiatan belajar mengajar.

“Kalau mau main..ya main saja, tapi tidak menggangu disaat jam kegiatan belajar,” ujarnya.

“Itu loh sarana pemainan anak-anak, hanya penempatan waktu bermainnya saja,” sambungnya.

Ia mengatakan, meskipun ada sekolah yang melarang muridnya membawa Lato-Lato. Kemungkinan sekolah memiliki pertimbangan sendiri. Tapi secara umum saya belum ada mengeluarkan surat edaran.

Dikatakannya, walaupun ada anak-anak yang terluka akibat lato-lato, karena mereka sendiri yang bermain. Kalau tidak mau terluka menurutnya tidak usah bermain.

“Waktu kita kecil kan juga ada permainan seperti itu, tapi tidak sampai segitunya dilarang,” akunya.

“Jadi sampai hari ini saya tidak ada mengeluarkan perintah untuk melarang,” tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here