Satpol PP Balikpapan Akan Tindak Tegas Pengemis Yang Menggunakan Kostum Badut

1
502 views

Balikpapan, Penasatu.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Balikpapan akan menindak tegas pengemis menggunakan kostum badut yang kian marak di kota Balikpapan.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan efek jera terhadap pengemis yang menggunakan kostum badut di kota Balikpapan, Senin (29/11/2021).

Kepala Satpol-PP Balikpapan Zulkifli mengatakan, sebanyak 22 badut yang sering beroperasi di jalan telah mengikuti sidang tindak pidana ringan (Tipiring) online.

Zulkifli menyebut, dari 22 badut yang telah menjalani sidang secara online harus membayar denda sebesar Rp. 50 ribu dan membayar uang sidang sebesar Rp 2 ribu.

Kasatpol PP Balikpapan Zulkifli

Lebih lanjut, Zulkifli mengatakan pada penertiban kali ini pihaknya tidak menahan atau menyita kostum badut, namun ketika saat dilakukan razia kembali yang bersangkutan kedapatan masih tetap melakukan aktivitasnya seperti biasa yakni mengemis dengan menggunakan kostum tersebut, maka Satpol PP akan melakukan penyitaan kostum yang digunakan.

“Kalau nantinya masih kedapatan menggunakan kostum badut tersebut maka kostumnya kan kita sita,” ucap Zulkifli.

Zulkifli menambahkan, apabila nanti petugas kembali mendapati pengemis tetap menggunakan kostum badut dan tertangkap kembali maka akan dikenakan sanksi progresif yakni membayar denda tipiring sebesar Rp 75 ribu, sedangkan benda putusan progresif sebesar Rp 25 ribu.

“Secara tegas kita akan menertibkan pengemis yang menggunakan kostum badut dikarenakan melanggar Perda ketertiban umum,” jelasnya.

“Sekarang pengemis modusnya sudah berubah-rubah, ada yang menjadi sebagai penjual tisu dan ada juga yang menggunakan kostum badut,” tambahnya.

“Kita himbau kepada masyarakat agar tidak memberikan uang kepada badut yang sering beroperasi di lampu merah, maupun di pusat-pusat keramaian yang ada di kota Balikpapan,” tutupnya.(*)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here