Puryadi : Kalau Penggugat Tidak Memiliki Bukti Dan Saksi Yang Kuat, Seharusnya Pengadilan Sudah Bisa Memutuskan

0
83 views

Balikpapan, Penasatu.com – Permasalahan sengketa lahan yang dialami Tante Wali dan Faridah selaku ahli waris menarik perhatian Puryadi selaku anggota DPRD Balikpapan.

Pasalnya, permasalahan sengketa lahan yang saat ini dalam penanganan Pengadilan Negeri kota Balikpapan hingga kini belum juga tuntas dan berlangsung sudah cukup lama.

Kepada awak media ini, Jum’at (22/10/2021) Puryadi mengatakan jika permasalahan ini merupakan aspirasi warga Balikpapan yang disampaikan pada dirinya. Sebab itulah, dirinya sebagai wakil rakyat akan mengawal kasus sengketa lahan ini sampai tuntas.

“Masyarakat harus mendapatkan haknya sesuai dengan hak yang iya miliki dan saya akan kawal permasalahan ini hingga selesai,” ucapnya saat mendampingi pihak keluarga Tanre Wali di Pengadilan Negeri Balikpapan.

Puryadi menambahkan masyarakat harus dibela untuk mendapatkan haknya sesuai dengan hak yang dimiliki. Dalam kasus persengketaan lahan ini sebaiknya pihak terkait harus sesegera mungkin menyelesaikan kasus ini. Jangan sampai ditunda-tunda dan itu yang menyusahkan warga.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika akan terus mendorong pihak terkait agar permasalahan ini bisa cepat selesai dan warga bisa mendapatkan apa yang menjadi haknya.

“Jangan bertele-tele, kau memang ada perselisihan harus diselesaikan dengan bukti-bukti dan saksi yang jelas,” katanya.

“Kalau penyelesaiannya saja berlarut-larut, itu sama saja menyusahkan masyarakat, kasihan warga yang selalu di tunda-tunda oleh pihak terkait,” tambahnya.

Puryadi meminta pihak terkait segera melalukan putusan apa bila pihak penggugat tidak memiliki bukti dan saksi kuat.

Bukan malahan dilakukan revisi-revisi terhadap surat-surat penggugat, sementara tergugat sendiri sudah menggarap lahan sejak 1963. Padahal saksi dan bukti yang diajukan pihak ahli waris sudah sangat kuat.

Namun kenapa pihak pengadilan selalu menunda dan memberikan beberapakali kepada pihak penggugat untuk melakukan perbaikan terhadap surat-surat yang ia miliki namun tidak tuntas.

“Jadi kalau menggugat itu harus jelas objeknya dan saksinya siapa, sementara dalam kasus ini penggugat belum bisa menunjukan itu semua,” beber Politikus NasDem tersebut.

“Kalau penggugat tidak dapat menghadirkan saksi dan tidak bisa membuktikan objek yang digugatnya untuk apa dilanjutkan, segera berikan keputusan, jangan berlarut -larut, kasihan warga,” sambungnya.

“Kita minta pihak mengadilan nanti dapat membuka sejelas-jelasnya, agar permasalahan ini bisa cepat selesai. Dan warga bisa mendapatkan haknya,” harapnya.

“Kalaupun nanti di putuskan hak kepemilikannya, harus benar-benar bisa membuktikan dasar kepemilikan, lokasinya dimana dan ada saksi batasnya. Pengadilan harus jeli dalam melihat permasalahan ini,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here