PDAM Kota Balikpapan Lepas Surveyor Survey Kepuasan Pelanggan 2019

0
224

Penasatu.com, Balikpapan – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan Tirta Manggar, melakukan kegiatan Survei Kepuasan Pelanggan Tahun 2019, pelaksanaan ini dilakukan bulan Oktober hingga November 2019, dengan jumlah 31 orang yang terdiri, konsultan TIM SKP,1 orang Koordinator, 25 Surveyor, 5 Entry Data. Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan Sistem Manajemen Terpadu salah satunya penerapan ISO 9001:2015.

Dalam melakukan survey, kami menggandeng Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang sebagai konsultan pelaksana survey. Akatirta merupakan yayasan pendidikan Air Minum yang menjadikan rujukan bagi PDAM se-Indonesia, dibawah pimpinan Awaluddin Setya Aji, S.T., M.ENG., IPM, kata Kabag Hubungan Pelanggan PDAM Balikpapan Drs Sukono,dalam acara pelepasan 31 oran TIM SKP 2019 di Aula PDAM Senin ( 30/09/2019)

Tujuan yang akan dicapai adalah, merupakan sarana pelanggan untuk berpartisipasi langsung untuk menyampaikan aspirasi pelanggan terhadap PDAM Kota Balikpapan, upaya dalam –peningkatan pelayanan, untuk mencapai cakupan pelayanan 100 persen di masyarakat Kota Balikpapan.

Bagaimana mewujudkan “Pelayanan Berkualitas Prioritas Kami” dengan mengajak pelanggan untuk “Bayar Air Tepat Waktu Serta Bijaksana Memakai Air serta Peduli Akan Kelestarian Air,” jelas Sukono

Sementara, Direktur Utama Haidir Effendi dalam amanatnya yang disampaikan oleh Direktur Umum Gazali Rahman mengatakan, Perlu kita ketahui Survey kepuasan pelanggan merupakan syarat wajib bagi PDAM Kota Balikpapan yang sudah menjalankan ISO 9001: 2015,

Sehingga SKP ini wajib dilakukan sebagai tolak ukur apakah pelayanan yang diberikan sudah memenuhi harapan pelanggan atau belum sesuai harapan pelanggan, maka dari pada itu pelaksanaan SKP harus ditangani oleh suatu organisasi atau lembaga yang berkompoten dan ahli di bidangnya, untuk mendapatkan analisa yang tepat dan akurat, ujar Gazali.

“Dalam rangka menunjang pencapaian Key Peformance Indikator (KPI) 2019, khusunya dibagian hubungan pelanggan, maka adapun sasaran atau target yang harus terpenuhi dalam melaksanakan SKP tahun 2019 yaitu : Sangat puas : 10 % , Cukup puas : 48 % dan Puas : 42%,” imbuhnya.

Untuk itu, kata Gazali lagi, dengan data pelanggan atau koresponden yang sudah ditentukan sebanyak 2.500 sambungan rumah, dimana pelaksanaan SKP tersebut dilakukan kurun waktu 2 bulan. Pelaksanaan SKP 2019 kali ini, PDAM Kota Balikpapan akan terus berkembang.

sebagaimana dalam visi dan misi yang kita emban, terutama dengan memegang semangat pelayanan yang ramah, cepat dan berkualitas, adalah ikrar untuk menajdi acuan bagi seluruh pegawai PDAM Kota Balikpapan yang akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khusunya pelanggan, PDAM merupakan salah satu perusahaan yang memiliki peran yang sangat penting bagi seluruh kehidupan hajat hidup orang banyak, dimana air adalah sumber kehidupan, tutur Gazali.

dalam sambutan tetulisnya itu, Haidir mengajak kepada seluruh Pegawai PDAM Kota Balikpapan, Bahwa dari nilai SKP di tahun 2019, akan menjadi cambuk bagi semua Pegawai untuk terus kerja, dengan semangat yang luar biasa, selalu ber-inovatif, kreatif dan disiplin, bersama-sama membangun dan mengelola Bisnis PDAM menjadi bermanfaat bagi Masyarakat dan pelanggan dengan semangat PDAM yang Ramah, Cepat dan Berkualitas.

Diakuinya, memang masih ada kekurangan dalam pelayanan PDAM Kota Balikpapan, tetapi PDAM tetap berkomitmen untuk selalu berupaya memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, sebagaimana Moto PDAM Kota Balikpapan yaitu “mengupayakan kepuasan pelanggan melalui standar mutu terbaik, handal dalam pekerjaan, prima dalam pelayanan serta melakukan pengembangan yang berkesinambungan.” pungkasnya.*

Wartawan: eds/ben

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here