Odang : Minta Dinsos Serius Menertibkan ODGJ

0
53

Balikpapan, Penasatu.com – Kian menjamurnya Anak Jalanan (Anjal), Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) di Balikpapan seharusnya menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan

Selain menjamurnya Anjal dan Gepeng dikota minyak. Keberadaan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Balikpapan juga sangat mengkhawatirkan. Terkadang keberadaan ODGJ selalu merugikan masyarakat.

Melihat hal itu, anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan Syarifuddin Oddang menyoroti maraknya ODGJ yang berkeliaran di beberapa sudut kota minyak, Selasa (22/11/2022).

Odang mengatakan, permasalahan ini harus segera disikapi secara serius oleh pemerintah. Pasalnya keberadaan ODGJ sering membuat masyarakat sedikit was-was dan tidak nyaman.

“Memang keberadaannya tidak membuat onar atau keributan, namun sebagian masyarakat merasa terganggu dengan kehadiran ODGJ disekitar mereka,” ucapnya.

“Yang kita takutkan, ODGJ itu nantinya bersikap yang dapat mencelakai orang lain. Dan ini perlu tindakan serius dari Dinas Sosial,” sambungnya.

Masih Odang, menurutnya kinerja Dinas Sosial (Dinsos) Kota Balikpapan kurang tanggap untuk merespon aduan masyarakat terkait masalah ODGJ. Meskipun Dinsos berdalih adanya keterbatasan fasilitas penampungan, tetapi harus ada solusi dan gagasan agar Balikpapan terbebas dari ODGJ.

“Kita tahu tidak ada tempat penampungan di Dinas Sosial untuk ODGJ, karena keterbatasan anggaran untuk membangun tempat penampungan, ini yang tiap tahun dibahas dan cuma wacana Dinsos. Kalau perlu Carikan keluarganya agar mendapatkan penanganan yang layak dari pihak keluarga,” ucapnya.

“Kita berharap Dinsos dapat bekerjasama dengan Satpol PP untuk menertibkan ODGJ yang berkeliaran dan segera menginventaris keberadaan ODGJ beserta orang dekatnya,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here