KPU:Maksimalkan Peran Media di Masa Pandemi Covid-19

0
60

Syahrul Karim Komisioner KPU Balikpapan. (foto.ist)

Penasatu.com, Balikpapan – Upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 di dalam pelaksanaan sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Balikpapan akan melakukan kegiatan sosialisasi fokus melalui media baik cetak, media elektronik dan online.

Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU Syahrul Karim dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, diruang kerjanya, Kamis (25/6/2020).

Dijelaskan Syahrul, jika nantinya sosialisasi tahapan pilkada akan lebih banyak difokuskan melalui media, mengingat pelaksanaan pilkada ditengah pandemi covid-19. Jadi hal tersebut dilakukan untuk mengurangi adanya kontak secara langsung.

Kedepan, masih kata Syahrul, kami (KPU) akan sedikit mengurangi sosialisasi konvensional kemasyarakat, terutama sosialisasi tatap muka secara langsung, akan tetapi sosialisasi akan terus berjalan melalui media-media yang ada.

Ini dikarenakan penggunaan fasilitas internet saat ini lebih berkembang, yang mana sesuai data Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJI) bahwa potensi pemilih yang menggunakan internet di Balikpapan mencapai 80 persen, imbuhnya.

“Tentu saja jumlah tersebut melebihi target partisipasi pemilih yang ditargerkan KPU pada Pilkada Balikpapan yakni sebesar 77,5 persen,” beber Syahrul.

Dengan melakukan sosialisasi melalui media, baik cetak maupun elektronik dan online diharapkan target yang diinginkan bisa tercapai.

Saat ini dengan adanya fasilitas internet yang cukup memadai dan didukung infrastruktur yang baik. Maka setidaknya KPU Balikpapan akan lebih fokus kesana termasuk bantuan dari awak media dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat.

Salah satunya dalam menyampaikan tentang jadwal pemungutan suara yang semula akan dilaksanakan 23 September ditunda menjadi 9 Desember 2020.

Pelaksanaan pemungutan suara, KPU tetap akan melaksanakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Sehingga masyarakat yang ingin menggunakan hak pilihnya tidak perlu khawatir.

KPU memastikan pelaksanaan pemungutan suara akan bersih dari penyebaran virus corona.

Wartawan : Riel Bagas.

Editor : HTBS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here