KPU Nias Utara Gelar Debat Publik II, Paslon “INGATI-OTORIUS” Hadir Untuk Memajukan Nias Utara

0
56 views

Penasatu.com Kabupaten Nias Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Utara Gelar Debat Publik ke II pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara Tahun 2020 di Auditorium LPP RRI Gunungsitoli, Kamis ( 3/12/2020).

Ketua KPU Nias Utara, Eforianus Harefa dalam sambutan pembukaan mengatakan, “Puji syukur kita bisa melaksanakan debat publik ke dua atau terakhir bagi calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara ini”.

Silahkan para pasangan calon menyampaikan pandangan, program dan visi misinya secara baik, agar masyarakat bisa memahami visi misi program kerja para kandidat, sehingga masyarakat tidak ragu lagi demi mewujudkan kedaulatan rakyat, ujarnya.

Debat Publik di hadiri Ketua Bawaslu Nias Utara dan tim sukses para kedua pasangan calon, tampil sebagai moderator, DR.Beni Harmoni Harefa, SH, LL.M.

Debat terdiri dari 6 segmen.
Paslon Nomor Urut 1 atas nama: Marselinus M.Ingati Nazara, AMd & Ir. Otorius Harefa dan Paslon No urut 2 atas nama : Amizaro Waruwu & Yusman Zega.

Pada segmen pertama : Paslon Urut 1: M.Ingati Nazara A.Md dan Ir. Otorius mengatakan dalam Visi Misinya, beberapa program peroritas : Memajukan Daerah serta
Pembangunan jalan hotmix dari desa sampai dikabupaten Nias Utara, membangun pasar semi modren, dan juga
Kebijakan dan strategi penanganan covid 19, disampaikan oleh calon wakil bupati Otorius Harefa.

Segmen kedua : Pendalaman visi misi pasangan calon , dengan tema memperkokoh persatuan Indonesia dan kebangsaan.
Paslon 1: M.Ingati Nazara dan Otorius Harefa menjawab: akan melakukan kerja sama, mewujudkan kerjasama antara pemerintah, legislatif dan masyarakat, demi terwujud visi misi Ingati Nazara dan Otorius.

Kami juga akan merangkul masyarakat sekabupaten Nias Utara setelah pemilihan nantinya, demi mewujudkan Pembangunan Nias Utara.

Kemudian langkah Strategis penanggulan covid 19, pentingnya peran serta dan kesadaran masyarakat menaati protokol kesehatan, pemerintah tingkat atas sampai kebawah berkolaborasi demi menanggulangi covid 19.

Segmen ketiga: Pendalaman visi misi pasangan calon, Tema “Memajukan Daerah”.
Paslon 1: Ingati Nazara dan Otorius Harefa, pertanyaan terkait Provinsi Baru, dijawab : Kita yakin provinsi Nias akan maju kedepan, kita memajukan perekonomian masyarakat Nias Utara, kami sangat konsisten dan mengharapkan terjadi provinsi kepulauan Nias, kami mendukung melalui program visi misi kami, provinsi Nias menjadi kebanggaan kita.

Ditanggapi oleh paslon 2 mengatakan” Kita Belum memiliki kemampuan, bagaimana kita bisa memajukan Nias Utara,.ditanggapi oleh Yusman Zega.
Otorius menjelaskan, Kami akan memikirkan: Kami akan menguatkan para kader kader kita, mendukung para ekonom-ekonom kita dll.

Terkait Perguruan tinggi: Persoalan Aknira belum memiliki arah yang jelas atau perncanaan awal, ini masa pemerintahan Edward Zega. Ingati dan Otorius jika terpilih akan mendukung kemajuan sektor pendidikan.

Langkah apa untuk memajukan sektor perikanan ” Ingati dan Otorius : Kita akan memberdayakan nelayan di Afulu, ikan Tuna banyak di Afulu.

Segmen keempat : Calon Wakil Bupati laksanakan debat.
Otorius Harefa: kita programkan kemampuan anggaran mendukung pertanian, perikanan, memajukan ekonomi masyarakat dll.

Segmen keempat: Debat terbuka calon Bupati:
Ingati Nazara calon Bupati ; Bagaimana konsep saudara membangun daerah kab Nias Utara, kita jangan hanya retorika.

Amizaro Waruwu menjawab: Mamfaat penggunaan anggaran
(kita Fokus).

Pertanyaan Amizaro dijawab Ingati Nazara” 11 kecamatan kita dan desa-desa,, kita akan ratakan anggaran dan pembangunan. Demi Mencapai Dukungan kepada aspek pendidikan harus berkala dan berkesinambungan dan ini adalah perioritas utama kita.

Segmen Kelima: kedua paslon kedepan dengan pertanyaan , kenapa anda harus dipilih.

Paslon Terbaik:
M. INGATI NAZARA dan Ir. OTORIUS HAREFA mengatakan, Impian kami agar masyarakat Kabupaten Nias Utara menjadi masyarakat sejahtera dan untuk itu harapan masyarakat akan kami laksanakan secara berkesinambungan, “INGATI OTORIUS COBLOS No.1 terbaik di Nias Utara” ucapnya semangat diakhir debat.

Di penutup acara mewakili KPUD Kabupaten Nias Utara Inotonia Zega, S.Th, M.Th mengatakan, Kita bersyukur atas terlaksana dengan baik acara debat publik ini, kampanye Calon sangat baik, dengan harapan bagi yang terpilih agar melaksanakan janji dan visi misi untuk kemajuan masyarakat Kabupaten Nias Utara.*

Laporan : Yarman Zebua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here